HAID TIDAK TERATUR

Pengobatan Haid Tidak Teratur

Prinsip Dasar

Penyebab haid tidak teratur akan menentukan bagaimana pilihan pengobatan akan diberikan kepada pasien. Kondisi medis atau hormonal yang menyebabkan perdarahan perlu diketahui. Tatalaksana penyebab struktural sering kali memerlukan tindakan operasi (seperti pada fibroid, polip, dan kanker),  tetapi terapi konservatif juga dapat diperlukan. Pilihan pengobatan ini kian sering kali didiskusikan di mana-mana. Pasien dengan penyebab struktural dan hormonal mungkin akan membutuhkan terapi dalam jumlah lebih dari satu.

Berikut ini beberapa pengobatan haid tidak teratur yang dapat dijalankan:

Terapi Hormonal

Pengobatan dari haid tidak teratur terdiri dari terapi hormonal menggunakan progestin, estrogen, atau kombinasi progestin dan estrogen. Pilihan terapi didasari oleh durasi perdarahan, usia pasien, dan pilihan pasien.

Progestin

Suplementasi progesteron merupakan terapi pilihan untuk wanita dengan haid tidak teratur yang disebabkan oleh peningkatan estrogen. Penambahan progesteron mengembalikan fungsi pengendalian hormonal endometrium. Progestin bertindak sebagai antiestrogen.

Progestin mendukung dan menstabilikan endometrium

Progestin mungkin tidak menghentikan episode akut dari perdarahan uterus abnormal seefektif estrogen, terutama apabila perdarahan diketahui memiliki jangka waktu yang lebih panjang.

Alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR)

Alat yang mengandung levonorgestrel merupakan terapi yang sangat efektif dalam mengurangi aliran menstruasi dan merupakan pilihan terapi yang sangat baik untuk wanita yang menginginkan kontrasepsi jangka panjang. AKDR jenis ini membutuhkan pergantian sekali setiap 5 tahun.

Injeksi progestin (DMPA) diberikan secara intramuskular atau subkutan setiap 3 bulan atau susuk progestin dapat dipertimbangkan sebagai cara terapi pada wanita yang menginginkan metode kontrasepsi jangka panjang.

Terapi kontraseptif oral

Kombinasi estrogen dan progestin dalam bentuk kontrasepsi oral dipergunakan untuk mengatasi episode perdarahan akut. Perdarahan biasanya terkontrol dalam 24 jam terapi awal.

Estrogen

Penggunaan estrogen dosis tinggi secara cepat akan menghentikan perdarahan dalam 12 hingga 24 jam. Cara ini dapat menjadi pengobatan haid tidak teratur.

Terapi Bedah

Histeroskopi merupakan prosedur yang dapat menjadi modalitas diagnostik dan terapeutik. Hiperplasia, polip endometrium, dan fibroid submukosa dapat diterapi dengan prosedur ini. Prosedur ini bukanlah pilihan pertama dalam tatalaksana perdarahan uterus abnormal, tetapi dapat menjadi berguna pada kasus perdarahan akut.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...