HAID TIDAK TERATUR

Pencegahan Haid Tidak Teratur

Apabila stres merupakan hal yang memengaruhi siklus haid Anda, cobalah melakukan beberapa pencegahan haid tidak teratur seperti teknik pengaturan stres, meditasi, yoga, tai chi, visualisasi, dan biofeedback. Saat kita mengalami stres (akibat marabahaya, hubungan pribadi, pekerjaan, kondisi lingkungan sekitar, dan lainnya), maka kelenjar adrenal kita secara otomatis akan mengeluarkan hormon kortisol. Kortisol memiliki dampak secara langsung terhadap hormon reproduksi, seperti estrogen maupun progesteron. Kelainan kebiasaan pola makan, diet, penggunaan obat-obatan, dan ketergantungan pada zat-zat psikostimulan seperti kafein dan alkohol juga diinterpretasi oleh tubuh sebagai terjadinya stres. Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara meditasi dalam yoga dengan daya tahan terhadap stres, dan semakin sering melakukan meditasi maka semakin tinggi daya tahan terhadap stresnya. Nutrisi yang buruk juga dapat mengubah kandungan protein pada otak sehingga otak tidak lagi dapat memberikan sinyal yang tepat untuk terjadinya ovulasi secara normal.

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari stres yang dapat terjadi pada diri Anda, sebagai salah satu bentuk pencegahan haid tidak teratur:

  • Mempelajari cara yang lebih baik untuk membagi dan mengatur waktu. Anda akan mendapatkan rasa stres yang jauh lebih sedikit apabila Anda membuat jadwal. Pikirkanlah mengenai hal-hal yang terpenting terlebih dahulu.
  • Rawatlah dirimu dengan sebaik-baiknya. Perbanyak jumlah istirahat. Konsumsi makanan yang sehat dan teratur. Tidak merokok. Kurangi jumlah alkohol yang dikonsumsi.
  • Cobalah berpikir dengan cara yang baru. Saat Anda menemukan diri Anda mulai merasa khawatir, cobalah untuk menghentikan pikiran tersebut. Atau, tulislah kekhawatiranmu dan berusaha ikhlas melepas segala sesuatu yang tidak dapat Anda ubah. Belajarlah untuk berkata “tidak.”
  • Bicaralah. Jika Anda tidak dapat membicarakan tentang apa yang Anda perlukan dan khawatirkan, maka dapat terjadi stres dan dapat membuat perasaan negatif semakin buruk.
  • Mintalah bantuan pada orang lain. Orang lain yang memiliki hubungan kuat dengan keluarga dan sahabat dapat mengurangi terjadinya stres.
  • Hindari olahraga yang terlalu berat dan cobalah untuk tidak melakukan diet yang berlebihan yang dapat mengganggu siklus menstruasi Anda.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...