HAID TIDAK TERATUR

Komplikasi Haid Tidak Teratur

Episode tunggal dari perdarahan anovulasi (menstruasi tanpa disertai ovulasi) secara umum memiliki hasil yang baik. Namun, pasien yang sering mengalami episode haid tidak teratur dapat mengalami komplikasi haid tidak teratur atau konsekuensi yang signifikan. Komplikasi haid tidak teratur yang sering terjadi dapat meningkatkan resiko terjadi anemia defisiensi besi. Selain itu, seseorang dengan haid yang sering dapat membutuhkan perawatan rumah sakit untuk mendapatkan tindakan pemberian cairan, transfusi, atau terapi hormon intravena (suntik). Stimulasi estrogen kronis terhadap endometrium meningkatkan risiko terjadinya hiperplasia (pembesaran) endometrium dan kanker endometrium. Perawatan yang tepat waktu dan akurat akan mencegah masalah-masalah tersebut.

Sebagian besar wanita dengan haid tidak teratur diberikan intervensi bedah yang tidak dibutuhkan, seperti kuret, terapi ablasi (pengikisan) endometrium, atau histerektomi (pengangkatan rahim), sebelum pemeriksaan dan pemberian obat medis diberikan.

Berikut ini komplikasi haid tidak teratur:

Anemia defisiensi besi

Gangguan menstruasi yang menetap dapat menyebabkan kehilangan zat besi kronis pada 30% kasus. Remaja sering kali mengalami hal tersebut. Hingga 20% dari pasien dalam kelompok usia ini yang mengalami menorrhagia juga mengalami masalah pada pembekuan darah.

Keganasan endometrium

Sekitar 1-2% wanita dengan menstruasi anovulasi yang tidak ditatalaksana dengan baik dapat mengalami kanker endometrium.

Infertilitas

Infertilitas sering berhubungan dengan kejadian anovulasi kronis, dengan atau tanpa adanya produksi androgen berlebih. Pasien dengan sindrom ovarium polikistik (SOPK), obesitas, hipertensi kronis, dan diabetes melitus tipe 2 sering kali memiliki resiko terjadinya infertilitas.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...