GASTRITIS (SAKIT MAAG)

Penyebab Gastritis

Berikut ini beberapa penyebab gastritis:

  1. Abnormalitas fungsi motorik

Penyebab gastritis ini khususnya adalah keterlambatan pengosongan lambung, berkurangnya gerakan di daerah lambung terutama bagian antrum, hubungan antara volume lambung saat puasa yang rendah dengan pengosongan lambung yang cepat.

  1. Sekresi asam lambung

Kasus dispepsia fungsional atau gastritis umumnya mempunyai tingkat sekresi asam lambung yang rata-rata normal. Diduga terdapat peningkatan sensitivitas mukosa lambung terhadap asam yang menimbulkan rasa tidak enak di perut dan menjadi penyebab gastritis.

  1. Dismotilitas

Beragam studi melaporkan bahwa pada dispepsia fungsional, terjadi perlambatan pengosongan lambung dan hipomotilitas antrum (hingga 50% kasus), tetapi harus dimengerti bahwa proses motilitas gastrointestinal merupakan proses yang sangat kompleks, sehingga gangguan pengosongan lambung saja tidak dapat mutlak menjadi penyebab tunggal adanya gangguan motilitas.

  1. Peran hormonal

Peranan hormon masih belum jelas diketahui dalam patogenesis dispepsia fungsional. Dalam beberapa percobaan, progesteron, estradiol, dan prolaktin memengaruhi kontraktilitas otot polos dan memperlambat waktu transit gastrointestinal.

  1. Intoleransi makanan

Adanya intoleransi makanan dilaporkan lebih sering terjadi pada kasus dispepsia fungsional. Ketidakmampuan untuk mencerna susu dan produk susu (intoleransi laktosa) dapat menjadi penyebab terjadinya dispepsia.

  1. Psikologis

Penyebab gastritis yang satu ini berkaitan dengan stres. Adanya stres akut dapat memengaruhi fungsi gastrointestinal dan mencetuskan keluhan pada orang sehat. Dilaporkan adanya penurunan kontraktilitas lambung yang mendahului keluhan mual setelah pemberian stimulus berupa stres. Pola makan yang tidak sehat atau tidak teratur berkorelasi dengan depresi. Selain itu, stres yang menjadi perantara terjadinya depresi bisa membuat pola makan dan gizi menjadi tambah memburuk. Studi terpisah menunjukkan bahwa stres berat dikaitkan dengan asupan makanan tinggi lemak, kurang buah dan sayuran, lebih banyak cemilan, dan penurunan frekuensi sarapan pagi.

  1. Pola makan

Ditemukan ada pengaruh pola makan terhadap dispepsia fungsional. Pola makan yang tidak teratur mungkin menjadi predisposisi untuk gejala gastrointestinal yang menghasilkan hormon-hormon gastrointestinal yang tidak teratur sehingga akan mengakibatkan terganggunya motilitas gastrointestinal. Ketidakteraturan makan seperti kebiasaan makan yang buruk, tergesa-gesa, dan jadwal yang tidak teratur dapat menyebabkan dispepsia.

  1. Faktor genetik

Potensi kontribusi faktor genetik juga mulai dipertimbangkan, seiring dengan terdapatnya bukti-bukti penelitian yang menemukan adanya interaksi antara polimorfisme genetik (adanya variasi genetic) terkait respons imun dengan infeksi Helicobacter pylori pada pasien dengan dispepsia fungsional.

  1. Makanan, minuman dan obat-obatan yang merangsang asam lambung

Contoh makanan serta minuman yang merangsang asam lambung adalah yang mengandung kafein (teh, kopi), alkohol, coklat, makanan pedas, makanan yang asam (tomat dan jeruk). Hal tersebut dapat menjadi penyebab gastritis. Obat-obatan yang dapat merangsang asam lambung adalah aspirin, antibiotik, steroid, digoxin, dan teofilin.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...