GASTRITIS (SAKIT MAAG)

Komplikasi Gastritis

Meskipun tidak mengancam jiwa, komplikasi gastritis atau dispepsia fungsional dikaitkan dengan dampak yang besar pada kualitas hidup dan biaya kesehatan. Sebuah analisa retrospektif yang berasal dari gaji, biaya kesehatan, dan resep obat sekitarlebih dari 300.000 karyawan selama 4 tahun menggambakan bahwa pasien dengan dispepsia fungsional memiliki biaya medis tahunan yang lebih besar yang meliputi pemeriksaan oleh dokter dan resep dokter serta biaya tidak langsung seperti cuti sakit dibandingkan dengan control (tidak memiliki riwayat dispepsia). Karyawan dengan dispepsia fungsional mengeluarkan biaya sekitar 5.138 US dolar dan ditambah dengan adanya cuti sakit akibat dispepsia.

Adapun komplikasi gastritis atau dispepsia yang berat yaitu:

  1. Striktur esofagus

Komplikasi gastritis ini merupakan ganggguan pencernaan yang sering disebakan oleh adanya mekanisme refluk (dimana pada saat lambung bocor, asam pada lambung dapat kembali ke dalam kerongkongan) dan mengiritasi lapisan di kerongkongan. Jika iritasi ini terjadi dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kerongkongan menjadi sempit dan terbatas yang dikenal sebagai striktur esofagus. Jika memiliki striktur esofagus maka akan bergejala:

  1. Kesulitan menelan (disfagia)
  2. Makanan akan tersangkut di kerongkongan
  3. Nyeri dada

Pengobatan striktur esofagus adalah dengan jalan operasi yang bertujuan untuk memperluas kerongkongan yang sempit.

  1. Stenosis pilori

Seperti striktur esofagus, komplikasi gastritis seperti stenosis pilori disebabkan oleh iritasi jangka panjang oleh asam lambung. Stenosis pilori terjadi ketika bagian antara perut dan usus kecil (yang disebut pilori) menjadi luka dan menyempit. Hal ini dapat menyebabkan muntah dan juga mencegah makanan dapat dicerna baik oleh usus. Pengobatan stenosis pilori adalah dengan jalan operasi.

  1. Barret’s esophagus

Episode berulang dari penyakit gastro-esofagus refluks dapat menyebabkan komplikasi gastritis berupa perubahan pada sel yang melapisi bagian bawah esofagus. Kondisi ini dikenal sebagai Barret esofagus. Sebagian besar kasus barret esofagus terjadi pada usia 50-70 tahun dengan usia rata-rata yaitu 62 tahun. Barret esofagus adalah suatu kondiri pra kanker sehingga dikemudian hari akan memicu timbulnya kanker esofagus.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...