GASTRITIS (SAKIT MAAG)

Definisi

Sakit maag atau gastritis biasa disebut dispepsia fungsional di dunia kedokteran. Hal ini merupakan keadaan klinik yang sering dijumpai dalam praktek kedokteran sehari-hari. Dalam kepustakaan, cukup banyak definisi untuk dispepsia. Misalnya istilah ini dikaitkan dengan keluhan yang berhubungan dengan makan atau keluhan yang oleh pasien maupun dokternya dikaikan dengan gangguan saluran cerna atas. Dalam konsensus Roma II tahun 2000, disepakati bahwa definisi dispepsia adalah mengacu pada nyeri atau ketidaknyamanan di daerah tengah perut bagian atas (ulu hati).

Kasus dispepsia setelah dilakukannya pemeriksaan secara menyeluruh baik melalui tanya jawab, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan lanjutan (laboratorium, endoskopi) akan terbukti apakah penyebab gastritis (sakit maag) atau dispepsia fungsional ini disebabkan oleh patologis organik (yang setelah dilakukan pemeriksaan lanjutan seperti endoskopi terdapat gangguan di daerah lambung) atau bersifat fungsional (setelah dilakukan pemeriksaan endoskopi tidak terdapat masalah di lambung). Dalam konsensus Roma III tahun 2006 yang khusus membicarakan tentang kelainan gastrointestinal (daerah lambung dan usus) fungsional, dispepsia fungsional didefinisikan sebagai:

  • Adanya satu atau lebih keluhan: rasa penuh setelah makan, cepat kenyang, nyeri ulu hati, rasa terbakar di ulu hati.
  • Tidak adanya bukti kelainan struktural (termasuk di dalamnya pemeriksaan endoskopi saluran cerna bagian atas) yang dapat menerangkan penyebab keluhan tersebut.
  • Keluhan ini terjadi selama 3 bulan dalam jangka waktu 6 bulan terakhir sebelum diagnosis ditegakkan.

Ada pula batasan waktu yang ditujukan untuk meminimalisasikan kemungkinan adanya penyebab gastritis organik. Seperti dalam algoritma penanganan dispepsia, bahwa bila ada tanda-tanda alaram seperti penurunan berat badan, timbulnya anemia (kadar hemoglobin di bawah normal), melena (warna feses berwarna hitam dikarenakan terdapat perdarahan pada daerah saluran cerna atas seperti lambung), muntah yang terus menerus, maka merupakan petunjuk awal akan kemungkinan adanya penyebab gastritis organik yang membutuhkan pemeriksaan penunjang diagnostik yang lebih mengarah seperti endoskopi.

Dalam usaha untuk mencoba ke arah pengobatan, dispepsia fungsional ini dibagi menjadi 3 kelompok yaitu:

  1. Dispepsia tipe ulkus, dimana yang lebih dominan adalah nyeri di ulu hati
  2. Dispepsia tipe dismotilitas (gangguan pada pergerakan lambung), dimana yang lebih dominan adalah keluhan kembung, mual, muntah, rasa penuh, cepat kenyang
  3. Dispepsia tipe non spesifik, dimana tidak ada keluhan yang dominan

Istilah dispepsia atau sekarang dikenal gastritis atau sakit maag mulai gencar dikemukakan sejak akhir tahun 80-an, yang menggambarkan keluhan atau kumpulan gejala (sindrom) yang terdiri dari nyeri atau rasa tidak nyaman di ulu hati, mual, muntah, kembung, cepat kenyang, rasa perut penuh, sendawa, dan rasa panas yang menjalar di dada. Sindroma atau keluhan ini dapat disebabkan atau didasari oleh berbagai penyakit, tentunya termasuk pula penyakit ada lambung yang diasumsikan oleh orang awam sebagai maag/lambung.

Berdasarkan penelitian pada populasi umum didapatkan bahwa 15-30% orang dewasa pernah mengalami hal ini dalam beberapa hari. Populasi orang Barat didapatkan angka sekitar 7-41%, tapi hanya 10-20% yang akan berobat ke dokter.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...