GAGAL GINJAL

Tanda & Gejala Gagal Ginjal

Gejala gagal ginjal berkembang secara perlahan. Pada awalnya tidak dirasakan keluhan sama sekali, dan gangguan fungsi ginjal hanya dapat diketahui dari pemeriksaan laboratorium. Sejalan dengan berkembangnya penyakit, maka lama kelamaan akan terjadi peningkatan kadar ureum darah. Pada stadium ini, penderita menunjukkan keluhan-keluhan fisik yang melibatkan gangguan berbagai organ hingga membutuhkan pengobatan gagal ginjal seperti:

  • Gangguan saluran cerna: nafsu makan menurun, mual dan muntah
  • Gangguan pada kulit: rasa gatal pada kulit
  • Gangguan saraf dan otot: tungkai terasa lemah, berkurangnya sensasi raba, adanya kram otot, daya konsentrasi menurun, gangguan tidur, dan gelisah
  • Gangguan jantung dan pembuluh darah: darah tinggi, sesak nafas, nyeri dada, dan bengkak (biasanya dimulai pada tungkai)
  • Gangguan lain: berkurangnya produksi urin

Pada stadium yang paling dini penyakit gagal ginjal ini, gejala gagal ginjal yang terjadi, yaitu kerusakan sel ginjal, namun fungsi ginjal masih dapat diadaptasi menjadi normal. Kemudian secara perlahan tapi pasti terjadi penurunan fungsi ginjal yang progresif, yang ditandai dengan peningkatan kadar urea dan kreatinin dalam darah. Dengan mengenali penyebab gagal ginjal, bentuk pencegahan gagal ginjal dapat dilakukan sejak dini.

Sampai pada penurunan fungsi ginjal menjadi 60%, pasien masih belum merasakan keluhan (asimtomatik), tapi sudah terjadi peningkatan kadar urea dan kreatinin dalam darah. Sampai pada fungsi ginjal yang tersisa sebesar 30%, mulai terjadi keluhan seperti, badan lemah, mual, nafsu makan kurang dan penurunan berat badan.

Jika fungsi ginjal yang tersisa kurang dari 30%, pasien akan memperlihatkan keluhan yang nyata seperti:

  • anemia (kekurangan darah),
  • peningkatan tekanan darah,
  • gangguan metabolisme,
  • rasa gatal pada kulit,
  • mual, muntah dan lain sebagainya.

Pasien juga mudah terkena infeksi seperti infeksi saluran kemih, infeksi saluran nafas, maupun infeksi saluran cerna. Juga akan terjadi gangguan keseimbangan air dan elektrolit terutama natrium dan kalium. Keluhan dan komplikasi gagal ginjal yang lebih serius akan muncul jika fungsi ginjal semakin menurun menjadi 15% dan pasien sudah memerlukan pengobatan pengganti ginjal seperti cuci darah atau cangkok ginjal. Pada keadaan ini pasien dapat dikatakan telah sampai pada stadium gagal ginjal.

Pemeriksaan Laboratorium

Pemeriksaan laboratorium darah dan urin sangatlah diperlukan, terutama pada stadium awal yang tidak menunjukkan keluhan. Gambaran hasil pemeriksaan laboratorium penyakit ginjal kronik meliputi:

  • Penurunan fungsi ginjal berupa peningkatan kadar ureum dan kreatinin dalam darah
  • Gangguan biokimiawi darah meliputi penurunan kadar hemoglobin, peningkatan kadar asam urat, gangguan elektrolit
  • Ditemukannya protein, sel darah merah, sel darah putih dalam urin
  • Dan sesuai dengan penyakit yang mendasarinya

Pemeriksaan Radiologis

Pemeriksaan radiologis penyakit ginjal kronik meliputi:

  • Foto rontgen bagian perut, bisa tampak batu jika penyebabnya batu ginjal atau batu saluran kemih
  • Ultrasonografi (USG) ginjal bisa memperlihatkan ukuran ginjal yang mengecil, adanya penumpukan cairan pada ginjal atau batu, massa, dan pengapuran pada ginjal

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...