GAGAL GINJAL

Penyebab Gagal Ginjal

Dua penyebab gagal ginjal yang paling sering terjadi adalah kencing manis (sekitar 44%) dan darah tinggi (sekitar 27%). Kencing manis dan darah tinggi memang sudah tidak asing lagi di telinga kita dan mungkin saja ada kerabat kita yang menderita penyakit ini. Butuh perhatian khusus untuk kedua penyakit ini karena keduanya memerlukan pemantauan dan pengobatan terus menerus sepanjang hidup penderita. Berbeda dengan obat batuk yang diminum saat batuk saja. Hal ini merupakan salah satu penyebab timbulnya kencing manis dan darah tinggi yang tidak terkontrol. Padahal kedua penyakit ini memiliki beragam komplikasi, dari atas kepala sampai tumit, sebut saja gangguan mata, gangguan pembuluh darah, gangguan saraf, gangguan ginjal dan lain-lain. Kencing manis dan darah tinggi tidaklah langsung menjadi penyebab gagal ginjal. Butuh waktu sekitar 5 – 10 tahun hingga penyakit-penyakit ini bertambah parah (jika tidak diobati dengan teratur) dan menyebabkan gangguan pada ginjal hingga komplikasi gagal ginjal.

Pada saat itu diperlukan pengobatan gagal ginjal yang tepat. Kondisi lainnya yang juga dapat menyebabkan gagal ginjal antara lain:

  1. penyakit peradangan, terutama peradangan pada ginjal (sekitar 10%),
  2. penyakit pembuluh darah,
  3. tingginya kadar lemak dalam darah,
  4. penyakit sistem kekebalan tubuh,
  5. penyakit ginjal lainnya seperti batu ginjal, tumor pada ginjal, pembesaran kelenjar prostat pada pria, dan infeksi saluran kemih yang berulang.

Faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan risiko terjadinya gagal ginjal antara lain: jenis kelamin laki-laki, berusia lebih dari 50 tahun, berat badan berlebih (obesitas), merokok dan riwayat kencing manis, darah tinggi atau penyakit ginjal dalam keluarga. Perlu diperhatikan bahwa ada beberapa obat yang dapat merusak ginjal jika dipakai dalam jumlah besar dan jangka panjang. Beberapa faktor mempengaruhi penyebab gagal ginjal dan sebagian lainnya mempengaruhi proses bertambah buruknya gagal ginjal. Memang ada beberapa faktor yang tidak bisa kita kendalikan (seperti jenis kelamin laki-laki, usia lebih dari 50 tahun, riwayat penyakit dalam keluarga), namun dengan usaha yang optimal, seperti pencegahan gagal ginjal dengan mengurangi berat badan berlebih dan berhenti merokok kita dapat memperkecil risiko terjadinya penyakit gagal ginjal.

Sangatlah penting untuk mengetahui penyebab gagal ginjal yang terjadi. Penyebab gagal ginjal akan mempengaruhi pengobatan dan fungsi ginjal dianggap lebih mudah membaik jika penyebab gagal ginjalnya adalah infeksi, batu ginjal, obat-obat yang merusak ginjal. Kenali pula gejala gagal ginjal untuk mengurangi risiko memburuknya penyakit ini.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...