GAGAL GINJAL

Pengobatan Gagal Ginjal

Setelah mengetahui gejala gagal ginjal, pengobatan gagal ginjal dapat dilakukan dengan berbagai metode. Metode-metode ini memiliki cara kerja yang saling menguatkan sehingga sebaiknya dilakukan bersamaan. Metode-metode yang dapat dilakukan meliputi:

  • Pengobatan penyakit dasarnya: Waktu yang tepat untuk pengobatan penyakit dasarnya adalah sebelum terjadinya penurunan fungsi ginjal. Bila fungsi ginjal sudah menurun sampai 20-30% dari normal, pengobatan gagal ginjal terhadap penyakit dasar sudah tidak banyak bermanfaat.
  • Memperlambat bertambah buruknya fungsi ginjal: Cara-cara yang dapat dilakukan untuk mencegah bertambah buruknya fungsi ginjal adalah:
    • Pembatasan asupan protein: Konsumsi makanan tinggi protein, seperti putih telur, sebaiknya dihindari karena kelebihan protein dapat menjadi penyebab gagal ginjal karena tidak dapat disimpan di dalam tubuh tetapi dipecah dan diproses di dalam ginjal. Fungsi ginjal yang menurun pada gagal ginjal akan menyebabkan penimbunan hasil penguraian protein yang dapat memperberat kondisi klinis pasien sehingga pengobatan gagal ginjal pun diperlukan.
    • Pengendalian darah tinggi: Obat darah tinggi, khususnya penghambat ACE (Angiotensin Converting Enzyme) dapat mengurangi tekanan darah di seluruh tubuh, termasuk tekanan di dalam sel ginjal. Hal ini akan memperlambat kerusakan sel-sel dalam ginjal dan menurunkan risiko gangguan pembuluh darah dan jantung. Target pengendalian darah tinggi yang ingin dicapai adalah kurang dari 130/80 mmHg.
    • Pembatasan cairan dan elektrolit
      • Pembatasan asupan cairan dilakukan sebagai bentuk pencegahan gagal ginjal dan lebih sepsifiknya untuk mencegah terjadinya bengkak dan komplikasi jantung dan pembuluh darah sangat penting untuk dilakukan. Jumlah air minum yang disarankan adalah 500-800 mL/hari (sekitar 3-4 gelas belimbing) ditambah jumlah urin/hari.
      • Elektrolit yang harus dijaga asupannya adalah kalium dan natrium. Pembatasan asupan kalium dilakukan karena kelebihan kalium dapat menyebabkan detak jantung menjadi tidak beraturan dan berakibat fatal hingga berujung pada komplikasi gagal ginjal. Oleh karena itu, pemberian obat-obatan yang mengandung kalium dan makanan yang tinggi kalium (seperti pisang dan sayuran) harus dibatasi. Pembatasan natrium (yang juga terkandung dalam garam dapur) bertujuan untuk mengendalikan tekanan darah dan bengkak yang terjadi. Jumlah garam natrium yang diberikan, disesuaikan dengan tingginya tekanan darah dan derajat bengkak yang terjadi.
      • Pengobatan penggantian ginjal berupa cuci darah atau cangkok ginjal (pengobatan gagal ginjal ini dilakukan dengan fungsi ginjal yang tersisa tinggal 15%)
      • Cuci darah: Cuci darah dilakukan dengan mengalirkan darah ke suatu tabung ginjal buatan yang terdiri dari 2 bagian yang terpisah. Darah akan mengalami perubahan konsentrasi karena zat terlarut berpindah dari konsentrasi yang tinggi ke rendah sampai konsentrasi zat terlarut sama di kedua bagian (difusi). Di Indonesia, hemodialysis dilakukan 2 kali seminggu dengan setiap dialysis berlangsung selama 5 jam. Pada umumnya, indikasi dilakukannya cuci darah pada gagal ginjal adalah fungsi ginjal yang tersisa 15%, dengan dijumpainya salah satu hal di bawah ini:
        • Keadaan umum buruk dan keluhan klinis nyata
        • Kadar kalium dan ureum dalam darah jauh meningkat
        • pH darah banyak mengalami penurunan
        • Tidak bisa berkemih lebih dari 5 hari
        • Kelebihan cairan
          • Cangkok ginjal: Semua pasien dengan gagal ginjal tahap akhir dipertimbangkan untuk cangkok ginjal, kecuali jika ada penyakit keganasan sistemik, infeksi yang berkepanjangan, penyakit jantung dan pembuluh darah yang berat dan gangguan kesadaran maupun gangguan yang akan mengganggu kepatuhan minum obat imunosupresif (menurunkan sistem kekebalan tubuh).

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...