GAGAL GINJAL

Pencegahan Gagal Ginjal

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Setiap orang pasti pernah mendengar pepatah ini. Pencegahan gagal ginjal menjadi salah satu bentuk penanganan pada penyakit ini. Hal-hal utama yang dapat dilakukan sebagai pencegahan gagal ginjal antara lain:

  • Konsumsi air 8 gelas (2 liter) setiap harinya baik untuk memelihara kesehatan ginjal. Konsumsi air yang cukup dapat meringankan beban kerja ginjal. Ada hal mudah yang dapat dilakukan untuk menilai kecukupan konsumsi air. Pada saat berkemih, lihatlah air kemih yang Anda hasilkan. Warna kuning pekat menunjukkan konsumsi air Anda kurang dari cukup. Warna yang baik adalah warna kuning muda yang menunjukkan bahwa konsumsi air Anda cukup.
  • Segera konsultasikan diri Anda ke dokter apabila Anda merasakan adanya perubahan pada pola berkemih. Hal ini merupakan salah satu bentuk pencegahan gagal ginjal yang paling efektif untuk dilakukan. Pengobatan gagal ginjal pun dapat segera dilakukan ketika gejala gagal ginjal sudah dikenali. Misalnya seperti menjadi lebih sering berkemih terutama pada malam hari, nyeri atau berdarah saat berkemih dan terasa tidak tuntas saat berkemih. Menjadi lebih sering berkemih terutama pada malam hari merupakan salah satu keluhan utama pada penyakit kencing manis sedangkan nyeri atau berdarah saat berkemih merupakan salah satu tanda infeksi saluran kemih. Terasa tidak tuntas saat berkemih merupakan keluhan dari pembesaran kelenjar prostat pada laki-laki atau infeksi saluran kemih pada perempuan.
  • Mencegah terkenanya penyakit yang menjadi penyebab gagal ginjal, seperti kencing manis dan darah tinggi, terutama apabila ada riwayat penyakit-penyakit ini dalam keluarga. Anda dapat melakukan hal-hal sederhana seperti yang ada di bawah ini sebagai bentuk pencegahan gagal ginjal:
  • Mengurangi konsumsi gula dan garam berlebih
  • Melakukuan olahraga secara teratur
  • Segeralah memeriksakan diri Anda ke dokter jika ada keluhan lainnya, seperti sakit kepala, pusing, badan terasa lemas, dan sebagainya.
  • Jika sudah menderita kencing manis ataupun darah tinggi, diharapkan dapat melakukan hal-hal seperti berikut ini sebagai salah satu bentuk pencegahan gagal ginjal agar penyakit-penyakit ini terjaga dan tidak menimbulkan komplikasi gagal ginjal ke bagian tubuh yang lain:
    • Minumlah obat secara teratur,
    • Melakukuan pemantauan kadar gula darah dan tekanan darah minimal satu bulan sekali,
    • Rajin memeriksakan diri ke dokter,
    • Mengurangi konsumsi gula dan garam berlebih,
    • Melakukan olahraga secara teratur,
    • Segeralah memeriksakan diri ke dokter jika ada keluhan lainnya, seperti sakit kepala, pusing, badan terasa lemas, dan sebagainya.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...