GAGAL GINJAL

Komplikasi Gagal Ginjal

Penyakit gagal ginjal tanpa pengobatan gagal ginjal yang tepat dapat berkembang lebih lanjut sehingga mengakibatkan komplikasi gagal ginjal seperti berikut ini:

  • Darah tinggi (paling sering)
  • Penyakit jantung koroner dan penyakit jantung lainnya
  • Gangguan keseimbangan ion tubuh
  • Kekurangan darah (anemia) dan gangguan pembekuan darah
  • Pada stadium akhir, bisa terjadi koma (penurunan kesadaran)

Darah tinggi memang berperan ganda dalam penyakit gagal ginjal. Darah tinggi bisa menjadi penyebab gagal ginjal, namun juga bisa menjadi salah satu komplikasi gagal ginjal. Gagal ginjal akan menyebabkan darah atau cairan dalam tubuh tidak dapat disaring dengan baik oleh ginjal, akibatnya terjadi penumpukan cairan dalam tubuh maupun pembuluh darah. Penumpukan cairan di dalam pembuluh darah inilah yang akan meningkatkan tekanan darah. Sedangkan penumpukan cairan dalam tubuh inilah yang bisa kita lihat sebagai bengkak, padak kaki, tangan maupun bagian perut. Darah tinggi sendiri sebagai salah satu bentuk komplikasi gagal ginjal juga akan mempengaruhi kesehatan pembuluh darah dan jantung seseorang.

Kekurangan darah atau anemia seringkali terjadi pada pasien gagal ginjal, karena ginjal juga memiliki fungsi dalam pembentukan sel darah merah. Pasien anemia akan terlihat pucat pada konjungtiva (selaput mata) dan wajah. Kadar hemoglobin yang seharusnya adalah sekitar 11 – 12 g/dL, yang bisa diketahui dengan melakukan pemeriksaan laboratorium darah.

Penurunan kesadaran (koma) pada pasien gagal ginjal stadium akhir sering ditemui.  Hal ini disebabkan oleh penumpukan zat-zat sisa di dalam darah dan tubuh. Penumpukan zat-zat ini terjadi akibat berkurangnya fungsi ginjal dalam menyaring zat-zat tersebut.

Cuci darah juga dapat menyebabkan timbulnya komplikasi tambahan. Komplikasi yang sering terjadi diantaranya menurunnya tekanan darah, kram otot, mual dan muntah, sakit kepala, sakit dada, sakit punggung, gatal, demam dan menggigil. Komplikasi yang jarang terjadi misalnya gangguan irama jantung, perdarahan otak dan kejang.

Penyakit gagal ginjal tidak dapat disembuhkan sehingga prognosis jangka panjangnya buruk, kecuali dilakukan cangkok ginjal. Namun bentuk pencegahan gagal ginjal sebelum berujung pada komplikasi gagal ginjal dapat dilakukan. Pengobatan yang dilakukan sekarang ini, bertujuan hanya untuk mencegah perburukkan dari gagal ginjal itu sendiri. Selain itu, biasanya gagal ginjal sering terjadi tanpa disadari sampai mencapai tingkat lanjut dan menimbulkan keluhan sehingga penanganannya seringkali terlambat. Dengan menganli gejala gagal ginjal yang sudah dibahas di artikel ini dapat memperkecil kemungkinan terjadinya komplikasi gagal ginjal.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...