GAGAL GINJAL

Definisi

 

 

Penyebab

 

 

Pencegahan

 

 

Pengobatan

 

 

Komplikasi

 

Definisi

Ada yang pernah mendengar tentang penyakit gagal ginjal? Beberapa dari para pembaca sekalian mungkin pernah mendengarnya. Penyakit ini memang terdengar menyeramkan karena dianggap terjadi tiba-tiba dan memerlukan perawatan yang rutin dan terkesan menghabiskan banyak uang, yaitu cuci darah dan cangkok ginjal.

Yang pertama harus kita bicarakan adalah apakah itu gagal ginjal, sebelum kita beralih tentang hal yang lebih dalam lagi mengenai penyakit ini. Gagal ginjal adalah suatu keadaan klinis yang ditandai dengan penurunan fungsi ginjal yang biasanya menetap. Penyakit ini seringkali terlambat diketahui, sehingga saat ditemukan sudah perlu cuci darah atau lebih parah lagi, cangkok ginjal. Penting untuk juga mengetahui penyebab gagal ginjal. Karena beratnya penyakit ini dapat dinilai dari fungsi ginjal yang tersisa, dibagi menjadi derajat 1 (awal penyakit) sampai derajat 5 (paling berat, yang sudah memerlukan cuci darah atau cangkok ginjal). Penilaian beratnya gagal ginjal ini diperlukan untuk menyesuaikan penanganan serta pengobatan gagal ginjal yang tepat untuk dilakukan.

Seorang manusia memiliki dua ginjal di dalam tubuhnya, ginjal kanan dan ginjal kiri. Ginjal memiliki sel-sel ginjal di dalamnya, yang biasa disebut dengan nefron, kira-kira terdapat satu juta sel ginjal pada masing-masing ginjal. Sel-sel ginjal ini bekerja dan menentukan fungsi ginjal. Fungsi ginjal yang utama adalah menyaring darah yang beredar di seluruh tubuh, memisahkan zat-zat yang dapat kembali diserap oleh tubuh (seperti gula dan protein) dan yang harus dibuang melalui urine, seperti zat-zat racun dan zat-zat yang tidak lagi berguna untuk tubuh. Ginjal juga berperan dalam proses pembentukan sel darah merah.

Fungsi-fungsi ginjal ini mencapai puncaknya saat manusia mencapai usia sekitar 30 tahun dan mulai menurun setelah itu. Angka kejadian gagal ginjal sedang mengalami peningkatan dan gagal ginjal lebih sering ditemukan pada populasi usia lanjut.

Pengobatan gagal ginjal tidak serta merta hanya cuci darah. Penanganannya lebih mengutamakan pada pencegahan gagal ginjal, pengendalian risiko dan terapi pengganti fungsi ginjal (cuci darah atau cangkok ginjal) untuk gagal ginjal berat. Kenali juga gelaja gagal ginjal untuk meminimalisir komplikasi gagal ginjal. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Maka dari itu, penting untuk memeriksakan diri ke dokter sedini mungkin.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...