EJAKULASI DINI

Tanda & Gejala Ejakulasi Dini

Gejala ejakulasi dini mencakup 3 kriteria penting, yaitu:

  • Gejala tersebut terjadi berulang (75-100%) setiap bersenggama
  • Gejala tersebut terjadi menetap paling sedikit 6 bulan
  • Gejala tersebut menyebabkan stres psikologis baik pada penderita maupun pasangan

Penggalian riwayat ejakulasi dini sangat penting dalam menentukan apakah pasien menderita ejakulasi dini menetap atau ejakulasi dini didapat sehingga pencegahan ejakulasi dini dapat dilakukan agar gangguan tersebut tidak dapat berkembang lebih dalam lagi menjadi komplikasi ejakulasi dini.

Ejakulasi Dini Menetap

Penyebab ejakulasi dini menetap adalah oleh faktor psikologis. Beberapa pertanyaan penting yang harus diketahui pada orang yang menderita ejakulasi dini jenis ini adalah:

  • Pengalaman seksual masa lalu: Apakah Anda mengalami peristiwa kekerasan seksual saat kecil atau remaja (contoh, ketahuan masturbasi oleh orang tua dan mengalami perasaan bersalah atapun ancaman/hukuman).
  • Hubungan keluarga saat masa kecil dan remaja: Bagaimana relasi Anda kepada ibu, ayah, saudara laki-laki/perempuan? Apakah ada hubungan incest atau kekerasan seksual dalam keluarga? Seorang laki-laki biasanya mengalami kekerasan seksual dengan laki-laki lain, dan dalam kasus yang jarang, kekerasan tersebut dilakukan oleh perempuan.
  • Hubungan dengan teman sebaya: Apakah Anda mempunyai teman laki-laki/perempuan? Bagaimana Anda membandingkan diri Anda dengan teman Anda (contoh, lebih kuat, lebih lemah, lebih pintar, lebih bodoh, lebih superior atau lebih inferior)?
  • Di tempat kerja atau sekolah: Apakah Anda mempunyai kesulitan saat bekerja (atau sekolah bila masih seorang pelajar)?
  • Sikap terhadap seks: Apakah Anda menganggap seks adalah kotor? Bagaimana preferensi dan fantasi seksual Anda? Apakah Anda terkekang oleh aturan agama yang ketat? Seandainya iya, bagaimana tanggapan Anda terhadap seks?
  • Konteks menikah/tidak menikah: Bila ejakulasi dini terjadi saat hubungan pranikah, apakah Anda merasa bersalah mengenai hal ini? Bila ejakulasi primer terjadi saat pasca pernikahan, apakah ada suatu permainan ‘foreplay’ sebelum bersenggama?
  • Sikap seksual terhadap pasangan wanita: Apakah pasangan wanita Anda mempunyai masalah (seperti nyeri saat senggama)?
  • Aspek hubungan non seksual: Apakah saat ini Anda dan pasangan Anda sedang bertengkar?
  • Bagaimana tanggapan pasangan Anda terhadap masalah ejakulasi dini Anda, apakah mendukung Anda atau malah menyalahkan Anda?

Ejakulasi Dini Didapat

Ejakulasi dini yang didapat harus diketahui penyebab penyakit medis yang mendasari. Bila tidak ditemukan, beberapa pertanyaan yang dapat ditanyakan adalah:

  • Hubungan sebelumnya: Apakah ada hubungan sebelumnya di mana ejakulasi dini bukanlah suatu masalah? Apakah ada hubungan sebelumnya di mana terjadi beberapa episode ejakulasi dini?
  • Hubungan saat ini: Apakah ejakulasi dini selalu menjadi masalah bagi Anda? Apakah ejakulasi dini terjadi ada awal waktu terjadinya kepuasan senggama?
  • Aspek nonseksual: Apakah Anda dan pasangan saat ini rukun, atau sedang mengalami konflik? Anda dan pasangan, siapa yang lebih dominan?
  • Keterlibatan pasangan: Apakah pasangan Anda menganggap ini suatu masalah bagi Anda sendiri atau masalah Anda berdua?
  • Gangguan impotensi: Bila Anda mempunyai disfungsi ereksi, apakah ejakulasi dini ini terjadi setelah atau sebelum disfungsi ereksi? Apakah ejakulasi dini ini menghambat penetrasi ke vagina? Apakah Anda terburu-buru dalam bersenggama karena khawatir menahan ereksi?
  • Konteks seksual: Apakah Anda mengalami ejakulasi dengan masturbasi, dengan rangsangan luar tanpa senggama dengan pasangan, atau pada saat senggama?
  • Respons seksual dari pasangan – Berapa lama waktu yang diperlukan oleh pasangan wanita Anda untuk mencapai klimaks, apakah ia bisa mencapai klimaks dengan senggama, atau ia memerlukan stimulasi pada daerah klitorisnya?

Pemeriksaan fisik penderita ejakulasi dini yang tidak memiliki kelainan medis lainnya adalah normal. Tanda-tanda pemeriksaan fisik yang tidak normal baru ditemukan bila ada kondisi penyakit medis yang menyertai selain ejakulasi dini, misalnya disfungsi ereksi, prostatitis, ataupun gangguan hormone tiroid. Jika sudah terjadi komplikasinya, pengobatan ejakulasi dini dapat dilakukan berdasarkan hasil konsultasi dengan dokter Anda.

Tanda yang bisa diukur adalah waktu IELT (waktu terjadinya penetrasi sampai ejakulasi), yang bisa diukur dengan menggunakan “stopwatch” atau berdasarkan estimasi waktu sendiri dari penderita ejakulasi dini.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...