EJAKULASI DINI

Penyebab Ejakulasi Dini

Penyebab ejakulasi dini beragam mulai dari faktor biologis hingga psikologis. Beberapa teori penyebab ejakulasi dini sendiri masih belum bisa dibuktikan secara ilmiah dan masih merupakan spekulasi.

Faktor biologis yang menjadi penyebab ejakulasi dini termasuk di antaranya gangguan keseimbangan hormon seks, akibat pemakaian beberapa obat-obatan, hipersensitivitas reseptor serotonin di pusat otak, gangguan refleks ejakulasi serta disfungsi ereksi. Faktor psikologis meliputi frekuensi hubungan seksual, pengalaman masa lalu, ketidakpercayaan diri, kecemasan, serta teknik senggama, ataupun gangguan psikologis lainnya. Gangguan psikologis ini dimulai saat remaja. Salah satunya adalah takut ketahuan masturbasi ataupun trauma seksual lain saat remaja.

Beberapa teori menyatakan bahwa gangguan sensitivitas dari reseptor 5-HT (serotonin) di pusat saraf adalah penyebab ejakulasi dini yang menetap. Orang dengan ejakulasi dini menetap memiliki hiposensitivitas atau ambang batas reseptor serotonin di pusat saraf yang rendah, sehingga rangsangan sedikit saja dapat menimbulkan suatu ejakulasi. Obat-obatan yang meningkatkan jumlah serotonin di reseptor diketahui dapat menaikkan ambang batas reseptor ini sehingga ejakulasi bisa ditunda lebih lama dan terkontrol. Trauma psikologis yang mendalam seperti hubungan incest, trauma seksual, dan konflik dengan orang tua juga penyebab dari ejakulasi dini yang menetap.

Sedangkan, penyebab ejakulasi dini yang didapat antara lain gangguan kecemasan, disfungsi ereksi, dan adanya infeksi saluran kencing ataupun prostat. Kecemasan yang tinggi atau ketakutan seseorang tidak dapat memuaskan pasangannya juga menjadi beberapa hal penyebab ejakulasi dini. Hal tersebut juga memengaruhi lamanya ereksi dan mencetuskan ejakulasi yang dini. Hampir separuh orang yang mengalami disfungsi ereksi juga mengalami ejakulasi dini. Orang dengan gangguan disfungsi ereksi akan secara sengaja buru-buru bersenggama agar secara tidak langsung memperpanjang periode penundaan ejakulasi dininya.

Faktor lain yang berpengaruh terhadap ejakulasi dini adalah tingkat keintiman dengan pasangan seksualnya. Stres, rasa marah, khawatir, rasa malu, rasa kesal oleh karena gangguan ejakulasi dini dapat merusak keintiman hubungan dengan pasangan dan hal itu akan memperberat ejakulasi dini.

Kenali gejala ejakulasi dini agar pencegahan ejakulasi dini dapat dilakukan dengan cepat. Dan apabila sudah mengalami komplikasi ejakulasi dini, pengobatan ejakulasi dini yang tepat dan terarah harus segera dilakukan.

flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...