EJAKULASI DINI

Pengobatan Ejakulasi Dini

Hingga saat ini, belum ada obat yang secara spesifik disetujui oleh FDA (Food and Drug Administration) Amerika. Namun, beberapa studi menunjukan bahwa salah satu pengobatan ejakulasi dini adalah dengan pemberian obat-obatan golongan SSRI (serotonin selective reuptake inhibitor) yang aman dan efektif untuk mengatasi gejala ejakulasi dini. Beberapa obat golongan SSRI yang dipakai antara lain paroxetine, sertraline, citalopram, fluoxetine serta dapoxetine.

Obat golongan SSRI ini diminum secara harian. Penundaan ejakulasi biasanya berlangsung beberapa hari setelah terapi. Namun, efek maksimal baru terjadi paling sedikit 1 sampai 3 minggu setelahnya. Efek ini bertahan dalam periode yang lama, tetapi pada sebagian kasus (5-10%) akan menghilang dalam waktu 6-12 bulan. Pemakai obat golongan SSRI ini sebaiknya waspada terhadap efek samping obat yaitu rasa capai, ngantuk, mual, gangguan defekasi, di mana hampir semuanya muncul dalam 1 atau 2 minggu awal pengobatan. Obat golongan SSRI ini tidak menyebabkan pengurangan libido atau impoten pada kasus individu yang tidak mengalami deperesi. Hati-hati risiko perdarahan pada penderita yang juga mengkonsumsi obat golongan antiinflamasi nonsteroid. Obat ini juga sebaiknya tidak diberikan pada penderita dibawah 18 tahun. Obat SSRI ini tidak boleh langsung dihentikan tanpa pengawasan medis dan dosis harus diturunkan perlahan selama 3-6 minggu. Mengenali penyebab ejakulasi dini dan gejalanya dapat mencegah komplikasi ejakulasi dini yang berujung kelanggengan hubungan pasutri Anda. Segera lakukan pencegahan ejakulasi dini sehingga hal tersebut tidak mengancam hubungan Anda dan pasangan Anda.

Setelah mengetahui gejala ejakulasi dini, khusus untuk dapoxetine, pengobatan ejakulasi dini dengan obat golongan SSRI ini mempunyai onset efek yang cepat yaitu 1-3 jam sebelum senggama, sehingga dapat digunakan sesuai permintaan (tidak diminum harian seperti obat golongan SSRI lainnya).

Obat antidepresan trisiklik seperti clomipramine juga dapat digunakan secara harian, maupun 4 jam sebelum senggama. Namun, obat ini tidak seefektif bila diminum sesekali dibandingkan bila diminum rutin harian.

Obat oles berupa krim yang mengandung anestesi lokal (seperti lidocaine atau prilocaine) bekerja mengurangi sensitivitas rangsangan sehingga dapat menunda ejakulasi pada pria dengan ejakulasi dini. Obat oles ini digunakan 20-30 menit sebelum bersenggama pada ujung kepala penis, dan harus dibilas 5-10 menit sebelum bersenggama. Bila tidak dibilas, maka akan menempel di vagina pasangan dan akan menyebabkan rasa tebal pada vagina pasangan.

Pengobatan ejakulasi dini yang terkait dengan disfungsi ereksi, akan segera membaik apabila disfungsi ereksinya diobati dengan tepat. Obat yang digunakan dalam disfungsi ereksi contohnya sildenafil, tadalafil, and vardenafil.

Perlu dicatat bahwa terapi dengan obat-obatan ini tidak menggantikan terapi psikologis maupun terapi perilaku. Disarankan bagi penderita ejakulasi dini untuk mendapatkan kombinasi terapi farmakalogi dengan terapi psikologis bersama-sama dengan pasangan, untuk membantu penderita mengembangkan kemampuan seksualnya, hubungan interpersonal dengan pasangan, dan kembalinya rasa percaya diri sehingga tercapai kepuasan seksual bersama.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...