EJAKULASI DINI

Komplikasi Ejakulasi Dini

Komplikasi ejakulasi dini dapat mengakibatkan gangguan psikologis dari penderita ejakulasi dini, seperti gangguan percaya diri, kecemasan, ataupun depresi. Selain itu, ejakulasi dini juga mengganggu hubungan interpersonal dan kepuasan seksual dengan pasangannya.

Studi observasional yang dilakukan oleh Patrick dkk. di Amerika Serikat menunjukkan gangguan stres yang lebih tinggi secara signifikan pada pria dengan gangguan ejakulasi dini, dibandingkan pada pria tanpa ejakulasi dini. Namun, hampir dua pertiga dari penderita ejakulasi dini tidak berkonsultasi dengan dokter karena malu, dan hampir setengah dari penderita ejakulasi dini percaya bahwa tidak ada obat untuk ejakulasi dini sehingga mereka tidak mencari nasihat medis.

Komplikasi ejakulasi dini pada seorang pria terlihat mempunyai kesulitan interpersonal dibandingkan pria tanpa ejakulasi dini. Demikian pula, pasangan pria ejakulasi dini juga melaporkan tingkat gangguan hubungan relasi yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak. Hal ini terjadi karena beberapa pria yang mengalami ejakulasi dini merasa bahwa mereka membiarkan pasangan mereka kecewa dan merasa kualitas hubungan akan lebih baik apabila mereka tidak menderita ejakulasi primer. Studi yang dilakukan oleh Rosen dan Althof, secara konsisten mengonfirmasikan distres personal yang dialami penderita ejakulasi dini dan pasangan wanitanya.

Pria dengan ejakulasi dini secara signifikan mempunyai nilai kepercayaan diri yang rendah dibandingkan yang tidak. Sepertiga pria dengan ejakulasi dini mengalami kecemasan terkait situasi seksual. Penderita dengan ejakulasi dini juga cenderung menghindari topik pembicaraan seks dengan pasangannya dibandingkan dengan yang tidak. Dampak negatif lainnya adalah ejakulasi dini dijadikan suatu alasan oleh pria berpasangan untuk menghindari pasangannya dan mencari pasangan lain.

Ejakulasi dini dan kecemasan masing-masing dapat menjadi penyebab satu sama lain. Sebagai contoh: kecemasan saat senggama akan cenderung menjadi penyebab ejakulasi dini dan sebaliknya, ejakulasi dini akan menambah kecema san orang tersebut pada waktu senggama.

Terakhir, ejakulasi prematur dapat menghambat beberapa pasangan yang ingin mempunyai anak, terutama apabila ejakulasi prematur terjadi sebelum penetrasi ke dalam vagina. Namun, kehamilan masih dapat terjadi bila ejakulasi terjadi di dalam vagina. Segera konsultasi ke dokter Anda terkait gejala ejakulasi dini, sehingga penyebab ejakulasi dini dapat segera diketahui. Jangan lupa juga lakukan segera pencegahan ejakulasi dini.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...