EBOLA

Definisi

Pada tanggal 8 Agustus 2014, World Health Organization (WHO) mengumumkan kejadian luar biasa (KLB) Ebola di Afrika Selatan. WHO melaporkan bahwa penyakit yang diakibatkan oleh virus ini menyerang hampir 6.000 orang dengan angka mortalitas sekitar 50%. Tipe virusnya yang terkenal dan membuat kejadian luar biasa adalah tipe Zaire (EBOV). EBOV berasal dari genus Ebolavirus yang bersama dengan genus virus Marbug termasuk ke dalam famili Filoviridae. Famili tersebut termasuk ke dalam ordo Mononegavirales. Pada pemeriksaan di bawah mikroskop elektron, virus ini tampak seperti filamen memanjang dengan beberapa partikel cenderung melengkung dan membentuk seperti angka 6. Tanda dan gejala Ebola yang timbul cukup sulit untuk didiagnosis, untuk itu jika mengalami demam saat berada di daerah dengan epidemi penyakit ini patut dicurigai dengan mengisolasi si penderita agar tidak menularkan virus tersebut. Saat ini, diketahui terdapat lima spesies virus mematikan ini, yaitu:

  • EBOV,
  • Sudan Ebola virus (SUDV),
  • Tai forest Ebola virus (TAFV),
  • Bundibugyo Ebola virus (BDBV), dan
  • Reston Ebola virus (RESTV).

Nama spesies dibuat pertama kali sesuai nama tempat virus tersebut pertama kali menyebabkan KLB, seperti di desa Yambuku, Zaire (saat ini Republik Demokrasi Kongo).

Di antara kelima spesies di atas, hanya RESTV yang diketahui tidak menyerang manusia. EBOV pertama kali diketahui pada tahun 1976 dan menyebabkan KLB di Afrika Tengah. Pada tahun 2014, epidemi peyakit ini dimulai di Guinea. Ebola mulai menyerang seorang anak berusia 2 tahun dan menyebar secara cepat ke Liberia, Sierra Leone, Nigeria, Senegal, dan Mali. Penyebab Ebola sendiri adalah virus dengan nama yang sama. Untuk pencegahan Ebola sendiri, yang dapat dilakukan adalah menghindari daerah yang sedang atau pernah mengalami Kejadian Luar Biasa Ebola. Sekalinya terpapar virus ini, orang tersebut harus segera melakukan pengobatan Ebola dengan lebih intensif mengingat virus ini masih dapat bertahan di luar, kontak dengan kulit si penderita juga akan menularkan virus tersebut. Komplikasi Ebola yang terjadi dapat mengancam keselamatan jiwa manusia.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...