DEMAM BERDARAH

Penyebab Demam Berdarah

Penyebab demam berdarah adalah infeksi virus Dengue 1, 2, 3, atau 4 (DEN 1-4), sebuah virus dari kelompok virus Flaviviridae. Virus dengue merupakan virus ribonucleic acid (RNA) yang hidup dalam dua lingkungan utama, yakni di area perkotaan (yang merupakan area penularan utamanya) dan area hutan. Di area perkotaan, nyamuk dan manusia merupakan satu-satunya tempat tinggal virus. Sementara di area hutan, nyamuk menyerang primata, sebelum kemudian primata ini menularkan manusia. Namun, kejadian penularan ini sangat jarang ditemukan.

Bagaimana keempat virus ini dapat menginfeksi dan menjadi penyebab demam berdarah? Seperti yang sudah disebutkan di atas, virus ini dibawa oleh nyamuk. Keempat virus ini memiliki nyamuk Aedes aegypti sebagai pembawa utama virus ini. Nyamuk ini pertama kali muncul di Afrika di masa pertukaran budak pada abad ke-15 hingga abad ke-19, menyebar ke Asia melalui pertukaran perdagangan dan hingga kini terus menyebar dengan peningkatan transportasi dan perdagangan dalam 50 tahun terakhir. Yang menjadi masalah tambahan, nyamuk jenis kedua, yang merupakan pembawa sekunder, juga mulai menyebar secara luas di seluruh dunia, yakni nyamuk Aedes albopticus. Nyamuk Aedes albopticus ini menyebar sampai ke Amerika Utara, karena ketahanannya pada suhu yang lebih rendah dibanding iklim tropis. Hal ini menjadikan negara-negara dengan iklim empat musim semakin terancam dengan infeksi dengue ini.  Penyebaran ini juga dipermudah dengan tingginya urbanisasi di seluruh Amerika Latin dan Asia, yang merupakan tempat utama nyamuk-nyamuk pembawa virus demam berdarah ini berkembang biak.

Penyebab demam berdarah atau dengue adalah melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti betina yang terinfeksi. Nyamuk betina ini mampu menginfeksi seumur hidupnya. Saat nyamuk betina ini menggigit manusia, virus dengue ini ditularkan dan virus berkembang biak di dalam tubuh manusia, menjadikan manusia sebagai sumber penularan bagi nyamuk yang belum tertular, yang berlangsung 4-5 hari setelah gejala pertama muncul, maksimal hingga 12 hari setelah gejala muncul. Nyamuk Aedes aegypti berkembang biak di lingkungan perkotaan dengan menggunakan air bersih pada tempat-tempat penampungan air yang dibuat manusia seperti vas bunga, bak air, ban bekas. Nyamuk ini menggigit di siang hari, dengan puncak gigitan terjadi di pagi hari dan di sore hari sebelum matahari terbenam. Kemudian, virus dengue ini akan berkembang biak selama 4-7 hari di dalam tubuh manusia sebelum menunjukkan gejala.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...