DEMAM BERDARAH

Pengobatan Demam Berdarah

Saat ini, tidak ada pengobatan demam berdarah ataupun antivirus spesifik yang diberikan untuk mengobati demam berdarah. Untuk penyakit yang memiliki komplikasi yang sangat berat, terapi paling penting adalah manajemen cairan. Salah satu bentuk pengobatan demam berdarah ini ditujukan bagi pasien yang tidak memiliki komplikasi dan mampu makan dan minum secara adekuat. Mereka dapat diizinkan pulang ke rumah dengan catatan untuk segera kembali ke rumah sakit bila terdapat gejala-gejala demam berdarah dan tanda bahaya. Dapat juga pasien diminta kembali setiap hari untuk pemeriksaan darah dan bila ditemukan perburukan atau komplikasi demam berdarah dari tanda laboratorium, pasien kemudian akan dirawat untuk diberikan cairan melalui infus, yang sesuai dengan kebutuhan dan perhitungan. Pemberian cairan diberikan dengan tujuan memenuhi kebutuhan cairan tanpa berlebihan agar tidak terjadi kelebihan cairan. Bentuk pengobatan demam berdarah yang terpenting lainnya adalah dengan melakukan bentuk pencegahan dan pengawasan tidak berhenti jika pasien sudah terdeteksi penyakit tersebut.

Terdapat kelompok pasien yang akan langsung dirawat tanpa memandang statusnya, yakni ibu hamil, bayi, lanjut usia (lansia), penderita diabetes mellitus, pasien yang tinggal jauh dari rumah sakit dan tidak dapat memperoleh akses secepatnya ke rumah sakit. Mengingat salah satu gejala klinis demam berdarah adalah turunnya nilai trombosit, kini sering dilakukan transfusi trombosit, namun hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut untuk efektivitasnya.

Berkaitan dengan penggunaan jambu biji maupun angkak untuk membantu peningkatan trombosit dan menjadi bentuk pengobatan demam berdarah, penulis tidak dapat menemukan sumber yang terpercaya dan teruji secara klinis maupun metodologi kedokteran. Pengobatan demam berdarah lainnya bergantung pada kondisi dan komplikasi yang dialami pasien.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...