DEMAM BERDARAH

Komplikasi Demam Berdarah

Pada setiap fase demam berdarah, terdapat komplikasi demam berdarah khusus yang mungkin terjadi. Pada fase demam, yang paling sering dijumpai adalah adanya dehidrasi akibat demam tinggi dan penurunan nafsu makan. Sedangkan di fase kritis atau non-demam, komplikasi yang sering dijumpai adalah perdarahan hebat, penurunan tekanan darah hingga syok, dan kurangnya cairan karena kebocoran pembuluh darah luas. Dua hal ini menekankan pentingnya menjaga pemenuhan kebutuhan cairan pada seluruh pasien demam berdarah. Pada masa pemulihan, komplikasi dapat berupa kelebihan cairan  dan radang paru akut yang terjadi akibat pemberian terapi cairan melalui infus yang berlebihan.

Walaupun demikian, komplikasi demam berdarah yang paling dikhawatirkan adalah Dengue Shock Syndrome, yang berawal dari kekurangan cairan akibat kebocoran pembuluh darah luas. Bila tidak didukung dengan pemberian cairan yang adekuat, maka penderita dapat mengalami penurunan tekanan darah yang tidak terkompensasi, kemudian fase syok sampai kemudian mengalami kegagalan kerja jantung lalu kematian. Dibutuhkan waktu beberapa jam hingga kondisi berat ini terjadi, sehingga pemantauan pasien secara ketat biasanya dilakukan oleh tenaga kesehatan. Bagaimana dapat menjaga jangan sampai terjadi Dengue Shock Syndrome ini? Yang terutama adalah pemantauan pada tanda-tanda bahaya yang kemudian disokong dengan pemberian cairan yang adekuat. Gejala  Dengue Shock Syndrome ini adalah kulit yang terasa dingin, nadi yang teraba cepat dan lemah, mulut kering, penuruan produksi air kemih dan pernafasan yang cepat. Angka kematian tertinggi demam berdarah adalah akibat Dengue Shock Syndrome ini. Dapat ditemukan komplikasi demam berdarah lain, seperti gangguan pada jantung (kardiomiopati) dan radang pada seluruh otak, tetapi hal ini sangat jarang.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...