DEMAM BERDARAH

Definisi

Demam berdarah dengue, atau dikenal juga sebagai dengue hemorrhagic fever, merupakan manifestasi berat dari demam dengue. Demam dengue sendiri merupakan infeksi virus yang ditularkan melalui nyamuk, yang menjadi beban kesehatan di seluruh dunia. Penyebaran demam dengue sudah meningkat luas di seluruh dunia dalam 10 tahun terakhir.

Angka infeksi kasus demam berdarah atau dengue ini sesungguhnya sulit dihitung karena banyaknya kasus yang tidak dilaporkan atau banyak kasus yang salah dikelompokkan. Diperkirakan terdapat 390 juta infeksi dengue di seluruh dunia setiap tahun, di mana diduga 96 juta dari kasus tersebut menimbulkan gejala klinis dengan segala derajat manifestasi klinisinya. Diperkirakan juga 3,9 miliar orang di 128 negara di dunia memiliki risiko terkena infeksi dengue atau demam berdarah. Pada tahun 2010, World Health Organization (WHO) mencatat terdapat peningkatan 2,4 juta kasus yang dilaporkan. Sebagian peningkatan kasus yang dilaporkan ini diduga akibat adanya inisiasi pencatatan angka kejadian infeksi dengue.

Kasus dengue atau demam berdarah ini pun sesungguhnya menjadi beban berat di banyak negara di Asia Tenggara, termasuk di dalamnya adalah Indonesia, Thailand, dan Timor Leste. Pada tahun 2007, sebanyak 35% populasi di Indonesia bertempat tinggal di area perkotaan. Area perkotaan merupakan area penyebaran nyamuk pembawa virus dengue, di mana terdapat 150.000 kasus yang dilaporkan (angka tertinggi yang pernah dilaporkan), dengan 25.000 kasus berada di Jakarta dan Jawa Barat. Angka kematian pada kasus demam dengue adalah 1%. Sayangnya, data terbaru mengenai infeksi dengue di Indonesia ini tidak tersedia di Riset Kesehatan Dasar Indonesia tahun 2013.

Pada dasarnya, bila tidak berat, maka infeksi dengue hanya menimbulkan gejala seperti flu biasa yang ringan dan akan sembuh sendiri tanpa komplikasi. Namun bila menimbulkan gejala yang berat, yang dikenal juga dengan demam dengue berat atau dengue hemmorhagic fever, atau awam lebih sering dikenal sebagai demam berdarah, maka dapat menyebabkan kematian. Pertama kali dikenali pada tahun 1950 saat terjadi kasus infeksi dengue luas di Thailand dan Filipina, saat ini demam berdarah memengaruhi sebagian besar negara di Asia dan Amerika Latin. Demam berdarah juga menjadi penyebab utama kematian dan perlunya perawatan anak di rumah sakit di kawasan ini.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...