CACAR AIR (VARICELLA)

Tanda & Gejala Cacar Air

Gejala cacar air adalah munculnya bintik-bintik yang perlahan berubah berisikan cairan jernih atau dikenal sebagai vesikel. Lesi ini muncul umumnya diawali di batang tubuh (dada dan perut), kulit kepala dan wajah, disertai kemerahan dan rasa gatal. Setelah 24-48 jam, warna cairan dalam vesikel berubah menjadi seperti putih berawan (clouding). Saat lesi awal mulai kering, muncul kembali lesi baru dari tahap awal, sehingga didapatkan tampakan lesi berbagai usia pada pasien cacar air. Gambaran ini merupakan gambaran khas cacar air.

Distribusi lesi ini kebanyakan pada bagian tengah tubuh. Lesi ini dapat juga ditemui di tenggorokan, kelopak mata dan alat kelamin. Jumlah lesi ini bervariasi di setiap orangnya, dari 10 lesi sampai 1.500 lesi, walau umumnya dijumpai rata-rata 300 lesi. Ukuran lesi biasanya 1-4 mm. Kondisi lesi kulit yang lebih berat umumnya ditemukan di penderita dewasa dibanding anak-anak, dengan angka kejadian komplikasi yang lebih tinggi. Bila terjadi penyebaran dari satu anggota keluarga ke anggota keluarga lainnya, jumlah lesi umumnya lebih banyak. Bekas luka dapat dijumpai hingga beberapa minggu. Namun bekas luka berat jarang dijumpai, kecuali terdapat infeksi bakteri.

Sebelum timbul lesi kulit, dapat dijumpai gejala cacar air lainnya seperti demam dan tubuh terasa lemas. Keluhan ini lebih banyak dijumpai di orang dewasa. Pada anak, umumnya gejala cacar air awal adalah lesi kulit. Demam juga dapat dijumpai selama gejala kulit timbul, kurang lebih 3-5 hari. Suhu tubuh umumnya 37,8-39,40C. Setelah sembuh dari cacar air, penderita umumnya akan memperoleh pertahanan tubuh seumur hidup terhadap penyakit ini.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...