CACAR AIR (VARICELLA)

Pengobatan Cacar Air

Langkah pertama dalam menjalankan pengobatan cacar air adalah mencegah komplikasi yang dapat dicegah. Pastikan kebersihan tubuh, termasuk di dalamnya mandi teratur, merupakan cara utama untuk mencegah infeksi sekunder dari bakteri. Bila terdapat rasa gatal, biasanya diberikan obat-obat pengurang rasa gatal, seperti klorfeniramin dan hentikan garukan pada lesi di kulit karena dapat menjadi sumber masuknya bakteri sekunder akibat luka terbuka. Gunakan baju yang longgar dan dingin. Rasa gatal dapat dikurangi dengan penggunaan kompres basah. Obat-obatan yang dapat diberikan adalah antivirus berupa asiklovir, valasiklovir, dan famsiklovir yang diberikan sesuai dengan usia dan berat badan pasien. Sebaiknya pemberian antivirus ini diberikan kurang dari 24 jam sejak muncul lesi pertama di kulit.

Pada anak, pemberian antivirus sebagai bentuk pengobatan cacar air ini memiliki konsep lebih cepat lebih baik, sama seperti pada pasien dewasa. Pemberian antivirus pada anak memiliki jenis yang sama dengan pasien dewasa, sesuai berat badan dan baiknya diberikan sejak <24 jam. Jendela pemberian ini dapat diperpanjang hingga 72 jam, dengan pemberian setelah 72 jam tidak menunjukkan perbedaan signifikan dengan tidak diberikan anti virus sama sekali. Pemberian anti virus ini lebih direkomendasikan untuk pasien anak dengan cacar air berat atau cacar air yang disertai komplikasi. Antivirus ini diberikan selama kurang lebih 7 hari.

Pada kondisi tertentu, yakni ibu hamil, bayi baru lahir dan penderita gangguan imunitas tubuh, dapat diberikan imunoglobulin, yang merupakan cairan dari antibodi yang diambil dari donor sehat sebagai bentuk pengobatan cacar air. Imunoglobulin Varicella-Zoster diberikan secara injeksi, dengan tujuan untuk melindungi seseorang yang berisiko tinggi menderita infeksi cacar air, bukan untuk mengobati. Pada ibu hamil, terapi ini diberikan untuk mengurangi kemungkinan bayi yang dikandung terkena infeksi cacar air. Karena jumlahnya yang terbatas, pemberian immunoglobulin ini diberikan pada pasien dengan risiko tinggi, yakni terpapar lama atau berada di dalam satu ruangan yang sama dengan penderita cacar air selama 15 menit dan memiliki hasil laboratorium bahwa belum pernah terpapar cacar air sebelumnya.

Selain pemberian antivirus, dapat diberikan obat penurun demam, di mana yang disarankan adalah pemberian parasetamol, yang juga berguna sebagai pelega nyeri ringan. Jangan berikan aspirin pada anak-anak, karena dapat menyebabkan Reye syndrome, yang dapat menyebabkan gangguan otak.

Segera temui dokter terdekat apabila ditemukan gejala cacar air, sehingga dapat ditentukan apakah pemberian antivirus ini sesuai atau tidak pada kasus Anda. Selain itu, perlu dipertimbangkan pada kasus-kasus ini untuk segera menghubungi dokter:

  1. Penderita berusia di atas 12 tahun
  2. Mengalami penurunan sistem pertahanan tubuh
  3. Dalam kondisi hamil
  4. Mengalami kondisi-kondisi di bawah ini:
    1. Demam lebih dari 4 hari
    2. Demam di atas suhu 38,90C
    3. Terdapat bagian tubuh dengan lesi kulit yang menjadi merah, panas, nyeri atau mulai mengeluarkan nanah, karena merupakan tanda adanya infeksi bakteri sekunder
    4. Penurunan kesadaran
    5. Sulit berjalan
    6. Kaku pada area kuduk
    7. Muntah yang sering
    8. Batuk berat dan sesak nafas

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...