CACAR AIR (VARICELLA)

Pencegahan Cacar Air

Salah satu bentuk pencegahan cacar air adalah dengan bantuan vaksin. Vaksin cacar air memiliki tingkat keberhasilan mencegah cacar air hingga 95%. Vaksin cacar air berisikan virus hidup yang dilemahkan. Bentuk pencegahan cacar air melalui vaksini ini  dikembangkan dari strain Oka dari virus VZV. Vaksin ini paling baik diberikan pada usia 12-24 bulan, karena paling banyak menyerang di kelompok usia ini.7 Vaksin ini pertama kali diisolasi oleh Takahashi dari cairan dari vesikel dari anak yang terinfeksi VZV. Vaiksi ini pertama kali dipakai secara umum di Korea dan Jepang pada tahun 1988. Amerika Serikat melisensi vaksin ini pertama kali pada tahun 1995 untuk orang yang berusia 12 bulan ke atas.

Vaksin yang diberikan sebagai bentuk pencegahan cacar air yang paling efektif ini juga dapat diberikan bersamaan dengan vaksin MMR (measles, mumps, rubella), yang merupakan vaksin untuk penyakit campak, gondong dan campak Jerman. Hasil ketahanan tubuh yang dihasilkan vaksin ini terhadap penyakit campak tidak berbeda dengan pemberian yang berdiri sendiri. Vaksin ini diberikan untuk anak usia 12 bulan hingga 12 tahun. Kedua jenis vaksin yang disebutkan di atas tidak mengandung pengawet.

Vaksin cacar air dapat diberikan untuk anak maupun dewasa. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, vaksin cacar air diberikan usia antara 12 bulan hingga 18 tahun. Vaksin cacar air pada anak paling baik diberikan satu kali sebelum masuk sekolah dasar, cukup satu kali saja. Bila diberikan setelah berusia 12 tahun, maka vaksin perlu diberikan sebanyak dua kali dengan jarak minimal 4 minggu di antara pemberian vaksin ini.

Pada orang dewasa, sesuai dengan rekomendasi Satuan Tugas Imunisasi Dewasa Persatuan Dokter Penyakit Dalam Indonesia, vaksin cacar air ini diberikan sebanyak dua kali, dengan jarak antara vaksinasi adalah 4-8 minggu. Vaksin ini diberikan untuk semua orang dewasa yang tidak terbukti pernah mengalami cacar air atau memiliki kekebalan terhadap cacar air. Hal ini disebabkan oleh karena gejala cacar air pada orang dewasa cenderung lebih berat. Vaksin ini juga sangat direkomendasikan untuk tenaga kesehatan.

Pemberian vaksin ini bahkan dapat diberikan pada seseorang yang sudah terpapar pada orang yang terinfeksi cacar air sebelumnya, asal diberikan 3-5 hari setelah paparan. Bila pasien tersebut kemudian menunjukkan gejala cacar air, maka kondisi cacar air akan lebih ringan. Namun bila tidak menunjukkan gejala cacar air, maka pemberian vaksin ini kemudian akan memberikan perlindungan.

Terdapat beberapa kelompok orang yang tidak boleh memperoleh vaksin cacar air ini, yakni ibu hamil, kelompok orang dengan gangguan imunitas dan orang dengan riwayat alergi pada salah satu komponen vaksin. Jangka waktu antara vaksin sampai seorang wanita boleh hamil disarankan adalah 4 minggu. Disarankan semua wanita usia produktif untuk memperoleh vaksin cacar air karena bila ibu hamil terkena cacar air saat masa kehamilan, maka dapat membuat gangguan perkembangan pada janin, yang dikenal dengan nama congenital varicella syndrome. Gangguan yang ditimbulkan sangat bervariasi, tergantung pada usia kehamilan di mana ibu terinfeksi. Kebanyakan gangguan akibat infeksi cacar air di masa kehamilan ini akan meninggalkan cacat berkelanjutan pada anak.

Kelompok orang dengan gangguan imunitas termasuk di dalamnya adalah pasien dengan kanker metastasis, kanker sel darah putih (leukemia), limfoma, pasien dengan infeksi human immunodeficiency virus (HIV) atau menderita acquired immunodeficiency syndrome (AIDS), pasien dalam kemoterapi, dan pasien dengan defisiensi imun. Seluruh kelompok pasien ini dilarang menerima vaksin cacar air. Secara garis besar, sejak diberlakukannya vaksin cacar air, angka kejadian cacar air terus menurun, disertai dengan penurunan angka kematian akibat cacar air. Untuk itu pemberian vaksin disebut sebagai bentuk pencegahan cacar air yang paling efektif.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...