CACAR AIR (VARICELLA)

Definisi

Varisela, atau yang dikenal juga sebagai cacar air, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Cacar air ini merupakan satu dari dua jenis penyakit yang timbul akibat infeksi varicella-zoster virus (VZV), yang umumnya timbul pada usia anak hingga muda. Penyakit ini merupakan bentuk infeksi primer dari VZV. Jenis penyakit lain akibat infeksi VZV ini adalah herpes zoster, yang dikenal sebagai cacar ular dan umumnya menimpa orang di atas usia 60 tahun.

Penyebaran dan Kejadian Penyakit

Di area dengan iklim subtropis hingga iklim empat musim, cacar air menyerang umumnya pada seseorang sebelum berusia 10 tahun. Kejadiannya di iklim tropis termasuk Indonesia kurang jelas diketahui walaupun beberapa data menyebutkan cacar air di area tropis lebih umum terjadi pada usia dewasa muda. Yang diketahui pasti adalah penyebaran penyakit ini terjadi di seluruh dunia.

Di Amerika Serikat, sebelum periode vaksinasi, orang dewasa sudah memiliki kekebalan pada cacar air karena sudah terinfeksi di masa kecil. Hal ini membuktikan bahwa penyakit ini sangat mudah menular. Data di Amerika Serikat menunjukkan kebanyakan kasus infeksinya (90%) terjadi pada anak dengan usia kurang dari 15 tahun. Angka kejadian tertinggi terdapat pada kelompok usia 1 hingga 4 tahun, kemungkinan besar akibat paparan pada virus di tempat penitipan anak atau kelompok bermain. Semenjak diberlakukannya vaksin cacar air di Amerika Serikat, angka kejadian, kesakitan maupun perawatan di rumah sakit akibat penyakit ini menurun dengan drastis. Jangan sepelekan penyakitini, karena cacar air merupakan penyakit serius dengan banyak komplikasi dan kematian, terkhusus di bayi, orang dewasa dan pasien dengan gangguan sistem pertahanan tubuh.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...