BRONKITIS

Pencegahan Bronkitis

Langkah-langkah pencegahan bronkitis sederhana, yakni penghindaran faktor penyebab bronkitis dan faktor risiko. Faktor penyebab dapat berupa infeksi dan bukan infeksi. Penghindaran infeksi dan menyegerakan untuk mendapat terapi bila terdapat keluhan pernapasan dapat mencegah terjadinya. Perokok dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah lebih rentan terhadap bronkitis. Mengenali gejala bronkitis juga menjadi salah satu bentuk pencegahan bronkitis dini. Oleh karena itu, tindakan pencegahan bronkitis harus diambil untuk menghindari kedua hal tersebut, pengobatan bronkitis yang rumit, dan mencegah terjadinya komplikasi bronkitis.

Berikut yang bisa dilakukan untuk melakukan pencegahan bronkitis:

  • Vaksinasi: Pencegahan bronkitis yang satu ini meminimalkan risiko penularan penyakit infeksi. Lakukan vaksinasi influenza setiap tahun dan lakukan vaksinasi pneumonia setiap lima hingga sepuluh tahun pada usia lebih dari 65 tahun dengan penyakit kronis.
  • Mengenakan masker: Mengenakan masker juga menjadi salah satu bentuk pencegahan bronkitis. Pemakaian masker dapat mencegah hirupan polusi udara, debu, kimia, dan rokok. Pekerja industri atau tambang perlu mengenakan masker karena memiliki risiko tinggi mengalami bronkitis akibat polusi. Pekerja kesehatan juga perlu mengenakan masker karena risiko paparan virus atau bakteri penyebab bronkitis.
  • Menghindari rokok. Merokok, baik aktif maupun pasif, merupakan salah satu penyebab utama bronkitis. Asap rokok yang dihirup menyebabkan iritasi pada saluran napas. Oleh karena itu, merokok harus diberhentikan sepenuhnya.
  • Pola makan sehat dan seimbang. Pola konsumsi makanan sehat, bergizi, dan seimbang, dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh melindungi seseorang terinfeksi oleh virus penyebab penyakit. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menyertakan buah-buahan segar, sayuran, kacang-kacangan dalam menu makanan harian.
  • Menjaga kebersihan. Gunakan sapu tangan saat bersin atau batuk dan cuci tangan dengan sabun pembersih untuk mencegah penyebaran infeksi.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...