BRONKITIS

Komplikasi Bronkitis

Komplikasi bronkitis yang paling sering terjadi adalah pneumonia. Satu dari dua puluh kasus bronkitis berlanjut ke pneumonia. Pneumonia terjadi bila infeksi bronkitis menyebar ke paru, terutama pada pasien lanjut usia, memiliki kebiasaan merokok, dan terdapat penyakit lain, seperti sakit ginjal, jantung atau hati, dan seseorang dengan sistem imun yang lemah.

Selain pneumonia, komplikasi bronkitis meliputi:

  • Bronkitis kronik, yang berasal dari bronkitis akut yang tidak ditangani.
  • Pleuritis dan efusi pleura, yang dapat terjadi bersamaan dengan timbulnya pneumonia.
  • Pada orang yang sehat jarang terjadi komplikasi, tetapi pada anak dengan gizi kurang atau orang dengan penurunan kekebalan tubuh dapat terjadi otitis media atau sinusitis.
  • Pleuritis, yang dapat terjadi bersamaan dengan timbulnya pneumonia.
  • Mudah terserang infeksi. Pada komplikasi bronkitis kronik, sistem pernapasan mengalami penurunan fungsi sehingga pasien rentan mengalami infeksi.
  • Bila dahak tetap tinggal, dapat terjadi atelektasis atau bronkiektasis.
  • Gagal napas, komplikasi bronkitis terakhir yang paling berat dan luas sehingga diperlukan pengobatan bronkitis yang lebih mendalam.

Kenali gejala bronkitis dan penyebab bronkitis sehingga pengobatannya dapat lebih terarah dan tepat serta menurunnya risiko terjadi komplikasi bronkitis yang kronik. Atau yang lebih amannya lagi adalah dengan melakukan pencegahan bronkitis yang telah dibahas di artikel ini.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...