BRONKITIS

Definisi

Bronkitis adalah penyakit saluran napas di mana mukosa pada bronkus mengalami peradangan. Lapisan mukosa menjadi bengkak dan menebal sehingga saluran udara menyempit. Penyakit ini memiliki dua bentuk, yakni akut (terjadi selama satu hingga tiga minggu) dan kronis (terjadi paling tidak tiga bulan dalam satu tahun selama dua tahun terakhir). Seseorang dengan asma dapat menderita penyakit ini, yang disebut sebagai bronkitis asmatikus.

Penyebab bronkitis dapat berupa infeksi dan bukan infeksi. Infeksi disebabkan oleh virus atau bakteri sedangkan bukan infeksi disebabkan oleh rokok atau terhirupnya polusi kimia atau debu. Diagnosis penyakit ini ditegakkan setelah menyingkirkan diagnosis banding lainnya seperti sinusitis, faringitis, tonsilitis dan pneumonia.

Bronkitis akut dengan batuk berdahak menyertai infeksi saluran napas bagian atas. Secara klinis, jenis yang akut ditandai dengan batuk dan produksi dahak tidak lebih dari tiga minggu. Sebagian besar kasus disebabkan oleh virus dan sebagian lainnya disebabkan oleh bakteri. Dalam keadaan kesehatan yang baik, lapisan mukosa bronkus akan kembali ke normal setelah sembuh dari infeksi paru, biasanya dalam beberapa hari.

Jika penyakit ini sudah dalam tahap kritis, bentuk gangguannya termasuk gangguan saluran napas jangka panjang yang sering kali membutuhkan pengobatan bronkitis. Secara klinis, jenis yang kronis bercirikan batuk berdahak paling tidak tiga bulan dalam satu tahun pada dua tahun terakhir. Bronkitis kronis atau komplikasi bronkitis terjadi akibat peradangan kelenjar penghasil mukus yang terdapat pada mukosa saluran napas. Hambatan  aliran udara kemudian secara progresif terjadi hingga dapat menyebabkan perubahan abnormal bentuk saluran napas, yang disebut penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Kekambuhan akut dari bronkitis kronis pada pasien dengan kondisi umum yang stabil biasanya berupa penambahan volume dahak secara mendadak, perubahan dahak menjadi warna kuning atau hijau, dan sesak napas.

Pada perokok, penyembuhan untuk penyakit ini akan lebih sulit. Asap rokok merusak struktur mirip rambut halus, yang disebut silia, pada permukaan saluran pernapasan yang bertugas membersihkan kotoran, iritan, dan mukus yang berlebih. Rusaknya silia pada perokok dapat menyebabkan kondisi bronkitis akut dapat berkembang menjadi kronis. Pada perokok berat, lapisan mukosa pada permukaan saluran napas akan tetap meradang dan silia akan berhenti bekerja. Paru akan mengandung banyak lendir dan rentan untuk terinfeksi virus atau bakteri, serta dapat secara permanen merusak saluran napas. Kondisi permanen ini disebut sebagai PPOK. Bronkitis kronis adalah satu dari dua tipe utama PPOK.

Bronkitis akut terjadi di seluruh dunia dan merupakan salah satu dari lima keluhan utama pasien datang ke fasilitas kesehatan. Tidak terdapat perbedaan ras pada terjadinya bronkitis. Penyakit ini sering terjadi pada populasi dengan tingkat sosial-ekonomi yang rendah dan pada populasi perkotaan, serta populasi yang tinggal pada daerah industri. Lakukan bentuk pencegahan bronkitis dengan mengenali gejala bronkitis.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...