BATUK (KERING & BERDAHAK)

Tanda dan Gejala Batuk

 

Sebelum membahas mengenai tanda dan gejala batuk, ketahui dengan baik bahwa sebenarnya batuk bukanlah suatu diagnosis melainkan suatu gejala dari berbagai penyakit. Untuk itu akan dibahas sebagai berikut:

  1. Tanda dan gejala batuk yang mengarah infeksi termasuk di dalamnya demam, menggigil, nyeri tubuh, sakit tenggorokan, mual, muntah, sakit kepala, tekanan sinus, hidung meler, keringat malam, dan postnasal drip.
  2. Tanda dan gejala batuk yang mengarah ke penyebab non-infeksi termasuk batuk yang terjadi ketika seseorang terkena bahan kimia atau iritan tertentu dalam lingkungan, batuk dengan adanya mengi, batuk yang secara rutin memperburuk keadaan ketika seseorang pergi ke lokasi tertentu atau melakukan kegiatan tertentu (alergi), atau batuk yang disebabkan oleh inhaler atau obat alergi.
  3. Jika batuk tersebut berhubungan dengan iritasi lingkungan, maka batuk akan memburuk bila seseorang terpapar dengan alergennya. Jika seseorang alargi lingkungan (debu, udara dingan), batuk akan membaik dengan menggunakan obat alergi. Apabila seseorang batuk akibat ia merokok, maka gejala batuk yang terjadi akan membaik apabila orang tersebut berhenti merokok dan memburuk apabila mereka lebih sering merokok.
  4. Memiliki penyakit paru-paru kronis seperti asma, emfisema, bronkitis kronis atau seseorang yang batuk terus menurus karena berpergian atau melakukan kegiatan tertentu. Batuk tersebut bisa batuk berdahak ataupun batuk kering, dan dapat disembuhkan dengan penggunaan obat-obat inhaler atau steroid.
  5. Jika batuk disebabkan oleh infeksi kronis sinus, pilek kronis, atau post nasal drip kronis, maka orang tersebut akan memiliki tanda dan gejala yang berhubungan dengan kondisinya tersebut. Batuk akan semakin parah apabila penyakit yang sedang dideritanya semakin memburuk.
  6. Jika batuk berkaitan dengan obat seperti ACEI, maka batuk dimulai sejak seseorang menggunakan obat tersebut sampai ia menghentikan pengobatannya. Batuk jenis ini biasanya bersifat batuk tanpa dahak (batuk kering).
  7. Batuk yang berhubungan dengan GERD sering dikaitkan dengan sensasi rasa panas. Batuk ini akan memburuk pada siang hari atau ketika berbaring di tempat yang datar.
  8. Jika batuk tersebut disebabkan karena kanker, maka batuk biasanya mengeluarkan darah. Selain itu, tanda atau gejala batuk lain yang mengarah ke arah kanker adalah mudah lelah, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan yang tidak ada penyebabnya, atau penurunan kemampuan untuk menelan makanan padat atau cair.

 

Gejala batuk berdahak lebih serius ketika:

  1. Produksi dahak dari paru-paru
  2. Dahak berdarah
  3. Berlangsung lebih dari 10 hari
  4. Hal ini terjadi dengan gejala lainnya seperti:
  1. Demam dan menggigil
  2. Sesak napas
  3. Sakit dada
  4. Keringat malam
  5. Penurunan berat badan
  1. Adanya tuberkulosis (TBC)

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...