BATUK (KERING & BERDAHAK)

Penyebab Batuk

Sebelum membahas tentang penyebab batuk, ketahui beberapa jenis dari penyakit batuk ini. Batuk dapat dibedakan menurut waktunya, yaitu:

1. Batuk akut

Penyebab batuk akut dibagi menjadi:

a. Infeksi

Penyebab batuk akut akibat infeksi termasuk di dalamnya infeksi saluran napas atas akibat virus (common cold), infeksi sinus, bronkitis akut, pneumonia, dan batuk rejan (pertusis/batuk 100 hari).

b. Non-infeksi

Penyebab batuk yang ini disebabkan bukan karena infeksi seperti asma, alergi, emfisema (penyempitan saluran napas karena kantung udara di paru menggelembung secara berlebihan dan mengalami kerusakan yang luas).

2. Batuk kronik

a. Bahan-bahan yang mengiritasi saluran napas

Setiap zat yang mengganggu saluran napas seperti paru-paru mampu menjadi penyebab batuk kronis apabila sering terpapar. Asap rokok adalah penyebab batuk kronis yang paling sering. Selain itu, debu, serbuk sari, bulu hewan peliharaan, bahan kimia industri, polusi udara, dan kelembaban lingkungan yang rendah juga menyebabkan batuk kronis.

b. Kondisi di dalam paru-paru

Penyebab batuk yang sering menyebabkan batuk kronis, berasal dari paru adalah asma, emfisema, dan bronkitis kronis. Penyebab batuk kronis lainnya adalah kanker, penyakit jaringan paru, dan gagal jantung kongestif dengan banyak cairan di paru.

c. Kondisi di saluran napas atas

Penyakit di saluran napas atas seperti infeksi sinus kronis, postnasal drip kronis (biasanya terjadi pada pasien sinusitis di mana cairan kental dari hidung mengalir ke tenggorokan dan paling sering terjadi pada pagi hari), penyakit pada telinga luar, infeksi tenggorokan, dan penggunaan obat darah tinggi golongan angiotensine converting enzyme inhibitor (ACEI).

d. Pencernaan

Penyebab batuk kronis yang sering diabaikan adalah gastroesophageal reflux (GERD). GERD terjadi ketika asam dari lambung naik ke kerongkongan. Kondisi abnormal ini dapat menyebabkan iritasi kerongkongan dan laring sehingga terjadi refleks batuk.

Berdasarkan bentuknya, batuk dibedakan menjadi:

1. Batuk berdahak

Batuk berdahak atau disebut productive cough berarti batuk tersebut menghasilkan dahak atau lendir yang mudah atau sulit dikeluarkan. Batuk berdahak membantu membersihkan dahak atau lendir dan bahan asing dari saluran napas. Oleh sebab itu pada saat batuk, jangan ditahan atau dihentikan dengan obat-obatan.

Batuk produktif pada orang yang merokok merupakan tanda dari kerusakan paru-paru. Perubahan batuk baik dalam warna maupun kuantitas sputum dapat diartikan sebagai infeksi paru akibat bakteri.

2. Batuk kering

Batuk kering berlanjut setelah cold symptoms selesai atau terjadi tanpa gejala lain yang disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan lainnya. Beberapa orang mulai batuk ketika bernapas. Hal ini dapat disebabkan oleh iritasi atau alergi lingkungan. Batuk kering kronis biasanya disebabkan oleh asap rokok, alergi, postnasal drip, atau asma. Beberapa penyakit paru-paru kronis juga dapat menyebabkan batuk kering. Adapun beberapa orang yang batuk karena suatu kebiasaan. GERD juga dapat menyebabkan batuk kering kronis. Biasanya ditambah dengan gejala lain seperti mulas, terbakar di kerongkongan, dan peningkatan produksi saliva (air liur). Penyebab batuk kering lainnya adalah:

  1. Batuk rejan (pertusis atau batuk 100 hari)
  2. Influenza
  3. Benda yang tertelan atau tersedak
  4. Efek samping dari obat jantung dan obat tekanan darah tinggi seperti captopril
  5. Penyakit virus seperti flu

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...