BATUK (KERING & BERDAHAK)

Pengobatan Batuk

Pengobatan batuk akut diarahkan terutama pada penurunan gejala batuk selain mengobati penyebab yang mendasarinya. Untuk mengurangi gejala-gejala batuk, dapat diberikan obat batuk yang diresepkan oleh dokter maupun membeli sendiri di warung. Batuk yang berat atau batuk yang mengganggu tidur memerlukan obat yang dapat menyebabkan kantuk. Jika obat ini diresepkan, maka perlu menghindari kegiatan seperti mengemudi karena setelah meminum obat tersebut pasien akan mengantuk.

Jika infeksi bakteri diduga oleh dokter, maka dokter akan meresepkan juga antibiotik sebagai salah satu bentuk pengobatan batuk. Orang yang diduga terkena infeksi virus diberikan obat-obat simptomatis saja (obat untuk menghilangkan gejala yang dirasakan pasien). Orang tua, orang dengan infeksi bakteri atau virus yang parah, dan orang dengan sistim kekebalan tubuh yang lemah mungkin perlu perawatan di rumah sakit.

Jika pasien diduga mengalami batuk akibat GERD maka diperlukan pengobatan batuk untuk mengurangi jumlah asam lambung yang mengalami refluks. Hal ini biasanya dilakukan dengan perubahan diet dan obat-obatan. Keberhasilan pengobatan memerlukan waktu dan beberapa terapi diperlukan.

Beberapa obat yang digunakan sebagai pengobatan batuk adalah:

  1. Ambroksol

Merupakan golongan mukolitik yang berarti obat pengencer dahak sehingga dahak yang lengket mudah untuk dikeluarkan. Ketika diberikan secara oral, onset kerjanya sekitar 30 menit setelah minum obat. Pemecahan serat mukopolisakaridammembuat dahak menjadi tipis dan tidak kental, oleh karena itu dahak mudah dibuang pada saat batuk. Obat ini tidak memiliki kontraindikasi mutlak tetapi pada pasien dengan ulkus lambung penggunaannya harus hati-hati. Sesekali memiliki efek samping gastrointestinal tetapi biasanya ringan. Penggunaan obat dihindari pada wanita hamil trimester pertama. Dosis ambroxol adalah:

  1. Dewasa: 2-3×30 mg perhari
  2. Anak-anak sampai 2 tahun: 2x½ sendok teh sirup perhari
  3. Anak-anak 2-5 tahun: 3x ½ sendok teh perhari
  4. Anak-anak >5 tahun: 2-3×1 sendok teh perhari.
  1. Guaifenesin

Guaifenesin sebagai pengobatan batuk merupakan golongan ekspektoran yang berfungsi untuk membantu mengeluarkan dahak atau lendir dari paru-paru. Jika terdapat tanda-tanda alergi seperti gatal-gatal, sulit bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan maka perlu berobat ke dokter. Efek samping obat ini yang tidak berbahaya seperti pusing atau sakit kepala, ruam kulit, mual, muntah, atau sakit perut. Dosis yang digunakan adalah:

  1. Dosis dewasa: 200-400 mg/4 jam, dosis maksimal 2,4 g/hari
  2. Dosis anak-anak:
  • Kurang dari 2 tahun: 12 mg/kg/hari dibagi menjadi 6 dosis
  • 2-5 tahun: 50-100 mg oral setiap 4 jam sesuai kebutuhan, dosis maksimal 600 mg/hari
  • 6-11 tahun: 100-200 mg setiap 4 jam, dosis maksimal 1,2 g/hari
  • 12 tahun ke atas: 200-400 mg setiap 4 jam, dosis maksimal 2,4 g/hari
  1. Dekstrometorfan (DMP)

DMP adalah obat untuk menekan batuk karena memengaruhi sinyal di otak yang memicu refleks batuk. DMP tidak akan mengobati batuk yang disebabkan oleh merokok, asma, atau emfisema. Jangan memberikan obat ini pada anak berusia di bawah = 4 tahun. Hindari pengunaan DMP pada pasien yang alergi. Hentikan penggunaan DMP dan segera hubungi dokter jika mengalami pusing berat, kecemasan, perasaan gelisah, gugup, kebingungan, halusinasi, dan napas pendek. Efek samping minimal, seperti gangguan pencernaan.

Dosis obat:

  1. Dewasa:

Sediaan kapsul, cair, tablet atau sirup: 10-30 mg/4-8 jam

Permen: 3 lozenges (10 mg/lozenges)/6-8 jam

Dosis maksimum:120mg/hari

  1. Anak-anak
  • < 4 tahun:
  • 1-3 bulan: 0,5-1 mg/6-8 jam
  • 4-6 bulan: 1-2mg/6-8 jam
  • 7-1 tahun: 2-4 mg/6-8jam
  • 2-6 tahun

Sediaan kapsul, cair, tablet atau sirup: 2,5-7,5 mg/4-8 jam

  • 7-12 tahun

Sediaan kapsul, cair, tablet atau sirup: 5-10 mg/4-8 jam

  • Diatas 12 tahun

Sediaan kapsul, cair, tablet atau sirup: 10-30 mg/6-8 jam

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...