BATUK (KERING & BERDAHAK)

Definisi

Batuk merupakan cara dari tubuh kita dalam membuang substansi asing dan dahak dari paru-paru dan saluran napas bagian atas atau suatu reaksi terhadap jalan napas yang terkena iritasi. Batuk memiliki sifat yang berbeda-beda. Gangguan ini hanyalah suatu gejala, bukan suatu penyakit.

Gangguan ini terjadi saat sel saluran napas teriritasi. Hasilnya adalah udara dari paru-paru secara paksa dikeluarkan dengan tekanan tinggi. Gangguan jenis berdahak merupakan suatu jenis yang sebenarnya dapat membantu kita mengeluarkan sekret (dahak) dan materi asing dari jalan napas kita. Sekret tersebut terbentuk di paru-paru yang bisa disebabkan karena berbagai penyakit seperti bronkitis, pneumonia, atau penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Jenis yang berdahak secara umum seharusnya tidak boleh dihentikan (tidak boleh dikurangi produksi dahak yang terbentuk), karena gangguan ini dapat membersihkan paru-paru dari sekret yang terbentuk. Flu dan alergi dapat menyebabkan terbentuknya sekret yang jatuh pada dinding belakang tenggorokan.

Jenis gangguan yang berdahak pada seorang perokok seringkali merupakan suatu tanda dari kerusakan paru-paru. Untuk perokok, cara paling efektif untuk menyembuhkan gejala tersebut adalah dengan berhenti merokok. Adanya perubahan pada pola batuk atau warna dan jumlah dahak dapat berarti terjadinya infeksi paru-paru yang disebabkan karena bakteri.

Gangguan yang tidak berdahak, sering kali disebut batuk kering; adalah suatu jenis yang tidak memproduksi/melibatkan dahak/sekret. Gangguan yang kering ini dapat terjadi karena adanya paparan suatu hal yang dapat mengiritasi, seperti debu atau asap. Batuk kering yang terjadi setelah gejala flu lainnya yang menyertai hilang atau batuk kering yang terjadi tanpa adanya gejala lain dapat disebabkan karena berbagai macam masalah kesehatan.

Beberapa orang mulai batuk saat mereka menghirup udara panas dan sangat kering. Hal ini dapat terjadi karena iritasi lingkungan sekitar atau alergi. Tipe batuk seperti ini akan lebih terlihat saat Anda pertama kali menyalakan pendingin ruangan ketika musim gugur, karena debu dan substansi iritan lainnya terkumpul dan tertiup ke seluruh ruangan.

Batuk kering yang terjadi kronis (jangka waktu lama) sering kali terjadi karena iritasi dari rokok, iritasi lingkungan sekitar, alergi, atau asma. Namun, beberapa orang dapat batuk tanpa alasan yang jelas.

Berdasarkan waktunya, batuk dibedakan menjadi:

1. Jenis akut: biasanya berlangsung cepat, sering diikuti flu, common cold, dan infeksi sinus. Batuk biasanya membaik kurang dari 3 minggu.

2. Jenis subakut: berlangsung sekitar 3 sampai 8 minggu.

3. Jenis kronik: berlangsung lebih dari 8 minggu.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...