BATU GINJAL

Pengobatan Batu Ginjal

Untuk pengobatan batu ginjal, penting untuk diketahui bahwa kebanyakan batu ginjal dapat lewat sendiri melalui saluran kemih tanpa gejala batu ginjal. Walaupun demikian, terkadang batu berukuran kecil pun akan menimbulkan gejala bila sedang melalui saluran kemih. Yang dilakukan pada kondisi ini adalah memberikan obat penghilang nyeri, yang dapat diberikan melalui infus bila gejala sangat berat. Penderita batu ginjal umumnya akan dirawat di rumah sakit bila batu ginjal menimbulkan nyeri berat atau ada kondisi di mana ginjal penderita akan bermasalah, misalnya hanya memiliki satu ginjal, kondisi penderita dehidrasi, hamil atau berusia di atas 60 tahun.

Bila batu ginjal berukuran terlalu besar (6-7 mm), maka diperlukan langkah khusus untuk mengeluarkan batu ginjal ini sebagai bentuk pengobatan batu ginjal, yakni tindakan yang dilakukan oleh dokter bedah. Tipe tindakan berbeda-beda tergantung pada setiap karakteristik penderita.

Tindakan pertama adalah extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL), di mana akan ditentukan posisi batu tersebut dengan radiasi atau gelombang suara sebelum kemudian dikirimkan energi untuk memecahkan batu. Pecahan batu kemudian akan keluar bersama urin. Tindakan ini paling sering dilakukan untuk mengatasi penyakit tersebut dan mencegah komplikasi batu ginjal. ESWL tidak dapat dilakukan pada pasien hamil, gangguan perdarahan, infeksi saluran kemih tidak terkendali, obesitas berat dan gangguan tulang berat serta adanya tanda hambatan anatomi.

Ureterorenoskopi dilakukan bila batu yang tersangkut di ureter, di mana dimasukkan teropong dari saluran kemih hingga sampai ke tempat batu tersangkut.  Kemudian batu dapat dilepaskan perlahan atau dipecahkan dengan laser agar pecah menjadi kecil dan dapat keluar melalui urin. Semua tindakan ini dilakukan dalam kondisi anestesi.

Percutaneous Nephrolitotomy, adalah tindakan lain di mana bila ESWL tidak cocok dilakukan pada pasien. Pada tindakan ini, dilakukan insisi dari punggung, kemudian sebuah teropong dimasukkan ke dalam ginjal. Batu kemudian dapat dipecahkan atau diangkat. Tindakan ini dapat dilakukan bila ukuran batu sangat besar. Yang tidak boleh menerima tindakan ini adalah pasien dengan infeksi saluran kemih tidak tertangani, adanya tumor ganas ginjal, dan hamil. Pengobatan batu ginjal Percutaneous Nephrolitotomy penting untuk diketahui karena bentuk pencegahan batu ginjal sudah tidak dapat dilakukan pada tahap ini.

Bila semua tindakan di atas tidak dapat dilakukan, maka pilihan terakhirnya adalah dengan melalukan operasi terbuka, yang sudah jarang sekali dilakukan, hanya dilakukan pada <1% kasus, terutama kasus dengan gangguan anatomis ginjal yang jelas. Mengetahui penyebab batu ginjal serta gejalanya juga menjadi langkah awal dari pengobatan batu ginjal.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...