BATU GINJAL

Pencegahan Batu Ginjal

Cara pencegahan batu ginjal terbaik adalah memastikan jumlah cairan yang diminum setiap hari mencukupi kebutuhan dan tidak terjadi dehidrasi. Hal ini menjaga agar konsentrasi zat-zat yang menyebabkan batu tidak terlalu tinggi untuk membentuk batu. Cara mudahnya adalah dengan memperhatikan warna urin. Bila warna urin semakin gelap, maka semakin rendah kecukupan cairan tubuh dan semakin tinggi konsentrasi urin tersebut. Minuman yang terbaik adalah air putih. Pastikan asupan cairan terjaga, terlebih bila cuaca sangat panas atau sedang berolahraga.

Mengingat jenis batu yang bervariasi, pencegahan batu ginjal disesuaikan dengan jenis batu yang bersangkutan.

Batu Kalsium Oksalat

Yang meningkatkan kemungkinan terjadi penyebab batu ginjal adalah tingginya kadar kalsium dan oksalat di urin, dengan kadar citrate yang rendah. Namun demikian, diet rendah kalsium tidak disarankan sebagai pengobatan batu ginjal. Tidak ditemukan perbedaan antara diet rendah dan tinggi kalsium dalam pembentukan batu walaupun konsumsi kalsium berlebihan (>1200 mg per hari) dilarang. Untuk menurunkan kadar oksalat, yang penting adalah melakukan pencegahan batu ginjal dengan cara menghindari suplementasi vitamin C, satu-satunya cara yang diketahui saat ini. Oksalat sendiri merupakan hasil akhir metabolisme, sehingga konsumsi makanan dengan jumlah tinggi oksalat seperti bayam dan kentang, menjadi penting. Oksalat juga dapat ditemukan di gandum, cokelat, seledri dan kacang kedelai. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan DASH diet (Dietary Approach to Stop Hypertension), sebuah program diet sehari-hari yang dipromosikan untuk mengatasi hipertensi, tetapi ternyata dapat turut mencegah batu ginjal.

Batu Kalsium Fosfat

Cara mencegahnya kurang lebih sama dengan batu kalsium oksalat karena keduanya memiliki ciri yang kurang lebih sama. Bila diperlukan, dapat dilakukan alkalisasi urin dengan obat-obatan, walaupun cara ini jarang dilakukan, karena memerlukan pemantauan ketat.

Batu Asam Urat

Penyebab batu ginjal utama jenis ini, yaitu batu asam urat adalah kondisi derajat keasaman urin yang rendah dengan pengeluaran asam urat yang tinggi. Derajat keasaman urin sangat berpengaruh terhadap kelarutan asam urat dalam urin. Peningkatan derajat keasaman urin dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan tinggi alkali seperti buah dan sayur-sayuran dan mengurangi konsumsi makanan penambah asam urat seperti daging. Mengurangi makanan berisikan purine, bahan dasar asam urat, seperti kacang-kacangan dan daging, juga berguna untuk menekan pembentukan batu asam urat. Bila diperlukan, dapat diberikan obat-obatan untuk mengalkalisasi urine dan mengurangi asam urat.

Untuk jenis batu ginjal lainnya, akan dilakukan tindakan pencegahan sesuai dengan tipe batu masing-masing. Konsultasikan dengan dokter untuk langkah-langkah pencegahan tersebut. Setelah melakukan tindakan pencegahan, kenali gejala batu ginjal agar terhindar dari komplikasi batu ginjal dan dapat diamati perkembangan penyakitnya.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...