ASMA

Tanda & Gejala Asma

Gejala asma yang paling sering dijumpai adalah bunyi nafas mengi (sesak).  Bunyi nafas mengi berupa suara seperti bersiul yang timbul ketika bernafas. Gejala lain adalah sesak napas, nyeri dada atau dada seperti terikat, batuk kronis (batuk >2 minggu) dan gangguan tidur karena batuk dan bunyi mengi. Ditemukan juga peningkatan produksi dahak pada sebagian besar pasien. Gejala-gejala ini biasanya akan membaik dengan pengobatan asma yang benar.

Perlu diperhatikan juga bahwa gejala ini sangat bervariasi dari waktu ke waktu. Gejala asma bisa timbul atau memburuk saat malam hari dan bangun tidur, sering dipicu oleh aktivitas fisik atau udara dingin dan memburuk bila terjadi infeksi virus.

Tidak terdapat perbedaan gejala asma yang bermakna pada anak dan dewasa yang menderita asma. Namun, karena anak sulit menjelaskan apa yang dirasakannya, orang tua perlu memantau anak lebih serius. Pada anak-anak, segera konsultasikan anak ke dokter untuk mencegah komplikasi asma dengan kecurigaan asma bila terdapat gejala asma yang disebutkan di bawah ini:

  1. Batuk yang konstan dan diperburuk oleh infeksi virus, yang muncul saat anak tidur atau dipicu aktivitas dan udara dingin
  2. Bunyi suara napas mengi
  3. Napas yang pendek dan cepat
  4. Sensasi dada yang terikat, anak dapat menyebutkannya dengan merasa dadanya sakit atau tidak nyaman
  5. Mudah lelah, di mana anak mungkin berubah menjadi jarang atau berhenti bermain.
  6. Pada bayi, umumnya merintih saat makan.
  7. Kesulitan tidur karena masalah batuk dan kesulitan bernafas.

Dokter umumnya akan memastikan kecurigaan terhadap gejala-gejala ini dengan sebuah tes yang bernama spirometri, di mana penderita asma akan diminta menarik nafas panjang dan meniupkannya ke dalam sebuah tabung. Kemudian, dilakukan penilaian terhadap jumlah udara yang dapat disimpan paru-paru dan kecepatan penderita menarik dan menghembuskan nafas. Penilaian ini akan membantu untuk menentukan diagnosis, keberhasilan terapi, dan derajat asma. Tes alergi juga dapat dilakukan untuk mencari tahu kemungkinan pemicu serangan asma agar dapat dihindari di masa depan. Kenali lebih lanjut penyebab asma dan pelajari bentuk pencegahan asma yang dapat dilakukan.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...