ASMA

Definisi

Asma adalah istilah medis untuk sekumpulan gejala dengan karakter sumbatan aliran nafas yang dapat pulih secara spontan atau dengan pengobatan asma. Gejala asma sangat bervariasi dari satu penderita ke penderita lain. Sebagian besar gangguan ini dapat dikontrol dengan baik dan sebagian lainnya terus-menerus mengalami gangguan akibat asma. Kadang terdapat serangannya, yang disebut juga sebagai eksaserbasi, yang menyebabkan perburukan gejala mendadak dan memerlukan perawatan tambahan.

Penderita gangguan pernafasan ini memiliki saluran nafas yang lebih responsif terhadap berbagai macam pemicu dibandingkan dengan orang normal. Respons ini kemudian menjadi penyebab asma hingga menyebabkan penurunan aliran udara disertai dengan bunyi nafas mengi dan rasa sesak nafas. Penyempitan jalan nafas ini umumnya dapat pulih kembali. Namun pada pasien yang menderita asma kronik, terdapat elemen sumbatan aliran nafas yang kadang tidak dapat pulih kembali, namun masih dapat dilakukan pencegahan asma yang tepat.

Bagaimanakah kondisi gangguan pernafasan ini di seluruh dunia? Prevalensinya ternyata terus meningkat di seluruh dunia dan menimbulkan beban biaya kesehatan yang besar sehingga mendorong dilakukannya penelitian secara luas terhadap penyakit ini. Satu dari 12 orang di Amerika Serikat menderita gangguan pernafasan ini menurut data tahun 2009. Separuh dari penderitanya (53%) mengalami serangan asma. Pada tahun 2007, 185 orang anak dan 3.262 orang dewasa meninggal karena gangguan ini di Amerika Serikat. Lebih banyak wanita dibanding pria dan lebih banyak anak laki-laki dibanding anak perempuan yang menderita gangguan ini. Dari seluruh penderita berusia dewasa yang diajarkan cara menghindari pemicu serangan gangguan pernafasan ini, sebanyak kurang lebih 48% (hampir separuh) tidak melaksanakan nasihat yang diajarkan.

World Health Organization (WHO) mencatat bahwa penyakit ini merupakan salah satu penyakit tidak menular yang diderita oleh sebanyak 235 juta orang di seluruh dunia. Gangguan pernafasan ini merupakan penyakit yang sangat sering dijumpai pada anak-anak. Asma juga merupakan masalah kesehatan masyarakat bukan hanya untuk negara-negara maju, tetapi untuk semua negara di dunia tanpa memandang level perkembangannya. Angka kematian akibat asma banyak dijumpai di negara-negara miskin dan negara-negara berkembang, walaupun dibandingkan dengan penyakit lain, asma memiliki angka kematian yang lebih rendah. Faktor risiko terbesar seseorang menderita asma adalah adanya substansi yang dihirup dan partikel-partikel yang dapat memicu reaksi alergi jalan nafas atau iritasi ke jalan nafas. Kebanyakan asma tidak terdiagnosis, bila terdiagnosis pun penanganannya kadang tidak maksimal. Karena asma merupakan kondisi kronis, komplikasi asma bagi penderitanya dapat mengalami gangguan pada kualitas hidup.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...