ALERGI

Tanda & Gejala Alergi

Gejala alergi yang sering terjadi sebagai reaksi alergi terhadap alergen yang dihirup ataupun mengenai kulit termasuk:

  • Mata gatal dan berair
  • Bersin-bersin
  • Pilek
  • Bercak kemerahan pada kulit
  • Perasaan lelah atau sakit
  • Gatal-gatal

Paparan lainnya yang dapat menjadi penyebab alergi, antara lain:

  1. Alergi Makanan: Reaksi alergi terhadap alergen atau gejala alergi dapat berupa makanan dapat pula menyebabkan kram perut, mual, ataupun muntah.
  2. Alergi Sengat Serangga: Gejala alergi atau reaksi alergi terhadap sengat lebah dan serangga lainnya dapat menyebabkan pembengkakan, kemerahan, dan nyeri lokal. Kebanyakan gejala alergi akan menghilang dengan sendirinya apabila paparan telah berhenti. Namun jika gejala yang terlihat sudah cukup parah, maka diperlukan pengobatan alergi lebih lanjut.

Kejadian paling berat dari reaksi alergi dikenal dengan istilah anafilaksis. Pada anafilaksis, alergen menyebabkan reaksi alergi pada seluruh tubuh, termasuk:

  • Gatal-gatal pada semua tempat (tidak hanya bersifat lokal)
  • Nafas sesak/mengi
  • Suara serak dan perasaan seperti tercekik
  • Kesemutan pada tangan, kaki, bibir, atau kepala

Anafilaksis adalah suatu keadaan yang mengancam jiwa dan membutuhkan perhatian medis secepatnya. Gejala alergi dapat berkembang sangat cepat, sehingga harus beralih ke Unit Gawat Darurat apabila terdapat kecurigaan terhadap anafilaksis. Komplikasi alergi pun dapat terjadi jika tidak segera ditangani oleh pihak medis.

Harus ditentukan terlebih dahulu usia pada saat gejala timbul pertama kali dan apakah gejala timbul pada tingkat yang konsisten sejak pertama kali timbul. Perlu pula ditentukan apakah gejala alergi timbul sepanjang waktu atau hanya pada waktu tertentu dalam sehari. Informasi ini dapat membantu kita dan dokter untuk mengetahui kepastian diagnosis yang kita pikirkan serta memudahkan kita mengetahui faktor pencetus yang mungkin ada.

Tanda & Gejala Alergi

Harus ditentukan pula sistem organ mana saja yang terpengaruh dan gejala spesifiknya, serta penyebab alergi. Bahkan beberapa pasien hanya memiliki gejala alergi yang terlihat pada organ hidung saja, dimana beberapa lainnya memiliki keterlibatan dari banyak organ. Kebanyakan orang memiliki gejala berupa sekret/lendir dari hidung yang cair, hidung yang gatal, bersin-bersin, maupun mengeluarkan air mata terus menerus, dimana mungkin saja orang lain akan mengalami pembengkakan pada hidung. Apabila pembengkakan yang terjadi cukup signifikan, terutama bila terjadi pada salah satu lubang hidung saja, dapat dipikirkan adanya penyakit lain yang menyertai seperti polip hidung, adanya benda asing, ataupun sekat hidung yang bengkok. Namun jika penyebab alerginya telah diketahui, maka bentuk pencegahan alergi akan tepat sasaran.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...