ALERGI

Pengobatan Alergi

Pengobatan alergi relatif berbeda-beda tergantung dari jenis dan gejala alergi seperti apa yang dirasakan oleh penderita, beberapa bentuk obat yang dapat dipergunakan sebagai bentuk pengobatan alergi atau mengurangi reaksi alergi yang diderita oleh seseorang, antara lain:

  • Tetes Mata: Saat allergen menjadi penyebab alergi dan membuat penderita mengalami konjungtivitis alergi (mata merah dan gatal), obat tetes mata dapat menjadi solusinya. Obat tetes mata dapat meredakan reaksi peradangan, rasa gatal, mata berair, dan bengkak yang dialami atau mengurangi gejala alergi yang terjadi. Tetes mata yang mengandung antihistamin dapat dipergunakan sebagai salah satu bentuk alternatif pengobatan alergi sebelum bepergian keluar untuk mencegah terjadinya gejala. Obat tetes mata lainnya yang dapat dicoba adalah obat tetes mata berupa air mata buatan yang dapat membantu membuang alergen keluar dari lapisan mukosa mata.
  • Dekongestan: Apabila rasa penuh dan bengkak pada hidung menjadi masalah terbesar anda, pikirkanlah mengonsumsi dekongestan sebagai bentuk pengobatan alergi yang terjadi. Membran pada hidung biasanya membengkak selama terjadi reaksi alergi, dan dekongestan dapat membantu dalam hal ini. Dekongestan dapat dibeli secara bebas di apotik dalam bentuk tablet atau kapsul dan dapat juga dikombinasi dengan obat-obatan antihistamin. Beberapa orang dengan kondisi tertentu termasuk tekanan darah tinggi, glaukoma (tekanan bola mata yang meningkat), atau penyakit tiroid harus berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mulai mengonsumsi obat berupa dekongestan.
  • Spray Hidung (Nasal Spray): Spray/semprotan hidung yang mengandung steroid seringkali menjadi pilihan utama untuk mengobati rhinitis alergi (pilek yang disebabkan oleh alergi). Apabila alergi membuat hidung terasa kering, cobalah menggunakan spray hidung yang mengandung cairan fisiologis (normal saline). Dekongestan juga memiliki sediaan berbentuk spray hidung, tapi tidak boleh dikonsumsi lebih dari tiga hari berturut-turut karena dapat membuat gejala yang dirasakan semakin memburuk.
  • Antihistamin: Tablet/kapsul yang mengandung antihistamin dapat mengurangi gejala alergi yang dirasakan secara signifikan, termasuk pilek, bersin, dan mata merah yang berair dan gatal. Antihistamin yang bekerja sebagai pencegahan alergi akan menghalangi suatu substansi bernama histamin, dimana sistem imunitas bentuk dalam responnya terhadap alergen. Antihistamin dapat dibeli di semua apotik. Terdapat beberapa jenis antihistamin yang dapat membuat ngantuk, namun antihistamin generasi terbaru lebih sedikit membuat ngantuk.
  • Bronkodilator: Alergen seringkali menyebabkan terjadinya asma. Apabila penderita mengalami asma atau spasme otot bronkus, Anda harus menyediakan suatu sediaan obat yang disebut sebagai inhaler. Obat-obatan inhaler yang mengandung bronkodilator kerja singkat harus dibeli dengan resep dokter dan harus selalu tersedia pada semua penderita dengan gejala asma.
  • Krim dan Lotion untuk Kulit: Untuk reaksi alergi terhadap kulit, sebotol tecil krim pelembab dan hidrokortison dapat membantu. Pelembab dapat mengurangi kekeringan pada kulit, perasaan gatal, dan krim hidrokortison dapat meredakan proses peradangan guna mencegah komplikasi alergi.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...