ALERGI

Pencegahan Alergi

Cara terbaik yang dapat dilakukan sebagai bentuk pencegahan alergi adalah dengan cara menemukan penyebab alergi tersebut. Bagaimana cara seseorang dapat menemukan penyebab alergi orang tersebut? Kebanyakan orang menyadari pemicu alerginya sendiri, mereka juga belajar untuk menghindarinya. Untuk itu berikut ini akan dikupas lebih mendalam tentang pencegahan alergi .

Dokter ahli alergi dapat membantu anda mengidentifikasi pemicu alergi anda. Beberapa tipe pemeriksaan sebagai bentuk pengobatan alergi yang sering dipergunakan:

  • Pemeriksaan kulit merupakan pemeriksaan yang paling sering dilakukan dan paling membantu dalam menemukan penyebab alergi. Ada banyak metode yang berbeda, namun kesemuanya menyangkut pada memaparkan kulit terhadap jumlah kecil dari berbagai substansi dan melihat reaksinya dari waktu ke waktu.
  • Pemeriksaan IgE spesifik secara umum sebagai bentuk pencegahan alergi yang akan mengidentifikasi antibodi IgE terhadap antigen spesifik atau pencetus alergi.
  • Pemeriksaan lain termasuk mengeliminasi alergen tertentu dalam lingkungan hidup sehari hari dan kemudian memaparkan kembali kepada mereka untuk melihat apakah reaksi terjadi kembali.

Orang-orang dengan riwayat reaksi yang serius (anafilaksis) atau komplikasi alergi harus diberikan autoinjector. Autoinjector ini berisi epinefrin dosis tertentu yang telah diukur sebelumnya. Anda harus membawa setidaknya 2 autoinjector ini bersama Anda dan menginjeksi sendiri diri anda dengan autoinjector ini dengan segera apabila anda terpapar substansi yang menyebabkan reaksi alergi berat. Hal ini pun menjadi salah satu bentuk pencegahan alergi yang akan diberikan sebagai alternatif pada banyak pusat pelayanan kesehatan.

Cara-cara berikut ini dapat menjadi bentuk pencegahan alergi yang lebih efektif:

  • Pergunakan bantal dan kasur dengan risiko alergi yang rendah (hipoalergenik). Sarung bantal dan sprei dapat membantu.
  • Apabila anda memiliki hewan peliharaan yang tidur di kamar atau ranjang, pikirkanlah tempat lain bagi hewan tersebut untuk tidur.
  • Periksa sistem udara dan penghangat rumah anda dan pikirkanlah peningkatan kualitas filtrasi udara, jika diperlukan.
  • Bersihkan karpet dan furnitur secara rutin. Vacuum cleaner model terbaru lebih baik karena vacuum cleaner tersebut dapat menangkap alergen dan tidak hanya menggesernya ke udara bebas.
  • Apabila anda menggunakan pelembab udara, gantilah air secara rutin, agar jamur tidak dapat tumbuh.
  • Khusus untuk seseorang yang memiliki riwayat alergi, bawalah selalu gelang yang berisikan informasi kesehatan anda terkait alergi yang anda derita (alergi terhadap paparan alergen dan obat-obatan tertentu). Biasakan pada gelang tersebut memiliki informasi berupa jenis alergi yang diderita, nama dan nomor dokter yang mengerti kondisi penderita, informasi asuransi kesehatan, dan informasi kontak darurat untuk dihubungi apabila mengalami kejadian darurat. Jika terpapar alergen dan gejala alergi muncul, Anda dapat segera menghubungi nomor yang tertera pada gelang tersebut.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...