ALERGI

Definisi

Alergi merupakan suatu respon abnormal dari sistem imun pada tubuh kita. Orang yang memiliki penyakit ini memiliki sistem imun yang bereaksi biasanya terhadap substansi yang tidak berbahaya dalam lingkungan. Substansi ini (serbuk sari, jamur, bulu hewan, contohnya) disebut dengan alergen. Karena penyakit ini merupakan suatu masalah yang sangat sering terjadi, dan mengenai setidaknya 2 dari 10 orang Amerika, maka bentuk pencegahan alergi dan penyebab alergi juga harus diteliti lebih dalam agar di Indonesia dampak buruk dari komplikasi alergi tidak sampai menelan jiwa.

Pertama-tama, seseorang terkena paparan oleh alergen dengan cara menghirupnya, menelannya, atau alergen tersebut menyentuh bagian tubuh si penderita. Setelah orang tersebut terpapar dengan alergen, beberapa kejadian akan menyebabkan terjadinya reaksi alergi, yakni:

  • Tubuh mulai memproduksi suatu tipe antibodi spesifik dalam tubuh, yang dikenal sebagai IgE (Immunoglobulin E) untuk mengikat alergen yang terpapar tersebut.
  • Antibodi menempel pada suatu bagian pada sel darah yang disebut sebagai sel mast. Sel mast ini dapat ditemukan pada jalan napas, pada usus, dan dimanapun. Adanya sel mast pada jalan pernapasan dan pencernaan menyebabkan area-area ini lebih rentan terhadap paparan alergen.
  • Alergen ini mengikat IgE, dimana telah terikat kepada sel mast. Hal ini menyebabkan sel mat akan mengeluarkan bermacam senyawa kimiawi ke dalam darah. Histamin, senyawa kimia utama, menyebabkan sebagian besar gejala dari reaksi alergi.

Tidak semua orang memiliki alergi. Penyakit ini diturunkan dari orang tua, meskipun tidak bergantung pada alergen yang spesifik. Saat satu orang tua mengalami penyakit ini, anak akan mendapatkan 50% resiko memiliki alergi. Saat kedua orang tua mengalami alergi, anak mendapatkan 75% risiko penyakit tersebut. Dan apabila kedua orang tua tidak memiliki riwayat penyakit ini, kemungkinan seseorang mendapatkan alergi adalah sebesar 15%.

Meskipun anda mungkin memiliki kemungkinan untuk mengalami penyakit ini, Anda mungkin saja tidak pernah mengalami gejala alergi. Anda juga tidak selalu memiliki alergi yang sama atau penyakit yang sama dengan orang tua Anda. Alergi dapat terjadi pada usia berapapun, bahkan mungkin sejak dari kandungan. Biasanya hal ini terjadi pada anak-anak, namun dapat menunjukkan gejala pertama kali semasa dewasa. Dan ketika bentuk pencegahan tidak dapat dilakukan, pengobatan alergi menjadi satu-satunya jalan yang harus ditempuh.

Artikel Terkait


flu pada bayi 7 bulan

Anak saya 7 bulan berat 9kg tinggi 70 cm. saya tinggal di jambi dan sekarang udara disini berasap karena kebakaran hutan. Anak saya flu ringan…. Dok, apa yang harus saya lakukan untuk membantu agar anak saya sehat kembali dan bila udara berasap baiknya bagaimana...

dok,anak saya umur 5 bulan 2 minggu.dia sudah bisa tengkurap umur 4bln 2 minggu tapii sampai sekarang belom bisa guling2 seperti anak seusianya.berat anak saya 9,3 kg dok..asi ekslusif..apakah bayi saya terlalu gemuk apa masii tergolong normal?

Jawaban Dokter : bu, belum dapat guling-guling untuk usia ini masih termasuk normal bu. Apalagi karena berat badannya besar. Masih ASI eksklusif tapi ya bu. sebab berat badannya setara dengan anak usia 1 tahun bu. Berapakah tingginya? mungkin ibu dapat memperbanyak...