Kehamilan: Semua yang Perlu Diketahui Pasangan

Memiliki pertanyaan seputar tumbuh kembang anak? Sobat perlu tanyakan pada dokter agar langsung mendapat jawaban terpercaya. Tuliskan pertanyaan Sobat secara lengkap untuk membantu tim dokter TanyaDok menjawab dengan lebih baik. Atau baca dulu artikel terkait.

Tanya Dokter di Sini:

Artikel Terkait:

 

Merencanakan Kehamilan

Target waktu kehamilan bagi setiap pasangan pastilah berbeda-beda. Ada pasangan yang ingin segera mempunyai anak, ada pula yang mungkin masih ingin menunda sebelum mempunyai anak. Baik bagi yang ingin segera maupun yang masih menunda dalam mempunyai anak, penting untuk mengetahui kapankah persentase tertinggi terjadinya kehamilan.

Button Tanya Dokter 100x35

 

Apa itu Pre-natal Check Up?

Prenatal Check Up merupakan tindakan antisipasif guna mengetahui sejak dini risiko yang mungkin muncul dan menganggu kesehatan ibu hamil yang dapat berakibat buruk pada perkembangan janin. Tujuan Prenatal Check Up adalah meningkatkan kualitas hidup sang calon ibu dan memastikan rencana perawatan yang diperlukan selama kehamilan serta pada saat persalinan. Prenatal Check Up sebaiknya mulai dilakukan pada awal kehamilan yaitu trimester 1 (0-12 minggu) dengan jenis pemeriksaan yang dianjurkan yaitu Hematologi, Urin, Golongan Darah, Glukosa Darah, HBsAg, TORCH, VRDL/RPR.

Button Tanya Dokter 100x35

 

Selamat, Anda Hamil!

Apa saja tanda kehamilan? Tanda awal yang jelas jika seorang wanita hamil adalah berhentinya siklus menstruasinya. Walaupun demikian, menstruasi yang terhenti tidak selalu berarti tanda datangnya buah hati. Menstruasi yang terhenti dapat saja disebabkan penyakit atau gangguan pada organ reproduksi. Namun, janganlah menjadi khawatir dulu. Bila terhentinya haid ini disertai dengan perubahan payudara yang agak membesar dan merasa mual terutama pada pagi hari, bisa jadi Anda hamil. Apakah tanda-tanda kehamilan tersebut Sobat alami?

Button Tanya Dokter 100x35

 

Fakta & Mitos Kehamilan, Persalinan, dan Nifas

Begitu banyak mitos mengenai kehamilan, persalinan dan nifas di sekitar kita. Lingkungan dengan adat istiadat yang kental pun menyebabkan pendapat tentang mitos tersebut cenderung untuk dipertahankan. Lantas, bagaimanakah kenyataan medis yang sebenarnya?

Mitos: keluarnya lendir semacam keputihan yang agak banyak menjelang persalinan, akan membantu melicinkan saluran kelahiran hingga bayi lebih mudah keluar.

Fakta: Keluarnya cairan keputihan pada usia hamil tua justru tidak normal. Hal ini dapat menggambarkan infeksi saluran kemih, apalagi bila disertai gatal, bau, dan berwarna. Yang membuat persalinan lancar bukan keputihan, melainkan air ketuban.

Mitos: Minum madu dan telur dapat menambah tenaga untuk persalinan.

Fakta: Madu mengandung banyak gula dan kalori, demikian juga telur yang mengandung banyak kalori. Kedua makanan ini dapat berbahaya jika dikonsumsi pada ibu hamil yang sudah mempunyai berat badan berlebih. Karena kondisi overweight, obesitas, atau bahkan diabetes mellitus pada kehamilan, dapat berdampak tidak baik bagi ibu dan anak.

Mitos: Morning sickness adalah tanda janin yang Anda kandung sehat.

Fakta: gangguan mual disebabkan oleh perubahan kadar hormon yang terjadi pada awal kehamilan. Dr. Evan Saunders, spesialis Obstetri dan Ginekologi dari University of Winconsin School of Medicine, Amerika meneliti dua kelompok ibu yang mengalami mual dan tidak mengalami mual, dan menemukan bahwa ibu yang tidak mengalami mual ternyata menunjukkan angka keguguran yang lebih besar dibanding kelompok pertama.

Button Tanya Dokter 100x35

 

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Makanan atau nutrisi yang dibutuhkan ibu yang sedang dan ingin mengandung, tentunya lebih besar dibandingkan perempuan yang tidak sedang mengandung, karena nantinya akan digunakan untuk mensuplai kebutuhan 2 tubuh.  Pengaturan makanan dan nutrisi selama kehamilan memiliki 2 hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu peningkatan berat badan dan asupan makanan yang sesuai.

Button Tanya Dokter 100x35

 

Menghitung HPL

Janin akan mulai terbentuk saat konsepsi atau bertemunya sel sperma dari ayah dan sel ovum dari ibu. Sel ovum ibu harus dalam keadaan ovulasi atau keluar dari indung telur. Ovulasi biasanya terjadi pada tengah periode haid (pada periode 14 hari setelah hari pertama menstruasi). Mulainya kehamilan dihitung dari hari pertama pada siklus haid terakhir. Proses mengandung normal biasanya berlangsung sekitar 40 minggu dan dari sini bisa dihitung perkiraan tanggal lahir anak yang dinanti. Supaya tidak bingung, begini contoh penghitungannya dengan rumus Naeggle. Hari +7, Bulan -3, Tahun+1 dari hari pertama haid terakhir (HPHT). HPHT adalah hari pertama terjadi haid pada periode haid terakhir, bukan hari haid terakhir. Misalnya HPHTnya 20 April 2014, maka perkiraan persalinannya adalah 27 Januari 2015.

Button Tanya Dokter 100x35