1 Jawaban Dokter

Staff 13/10/2020
Public

Selamat Siang Sobat.
Terimakasih telah menggunakan layanan Tanyadok.
CMV merupakan singkatan dari Cytomegalovirus  merupakan salah satu jenis virus yang dapat menginfeksi seseorang dalam berbagai usia. Kebanyakan orang yang terinfeksi virus ini tidak menimbulkan gejala. Namun, ketika virus tersebut berada dalam tubuh seseorang, virus tersebut dapat bertahan seumur hidup dan suatu saat dapaat ter-reaktivasi. Pada kebanyakan orang memang tidak menimbulkan gejala karena adanya sistem kekebalan tubuh seseorang tersebut, namun infeksi ini dapat menjadi kondisi serius bila seseorang memiliki gangguan imunitas dan ketika menyerang bayi dalam kandungan yang dapat menyebabkan kongenital CMV
Untuk membantu mendiagnosis CMV, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan laboratorium darah melalui pemeriksaan titer antibodi CMV misalnya pemeriksaan IgM dan IgG. IgM merupakan singakatan dari Immunoglobulin M yaitu protein yang menandakan adanya antibodi dalam tubuh Anda dari kondisi infeksi yang terjadi, sedangkan IgG adalah singkatan dari Immunoglobulin G menandakan adanya antibodi dalam tubuh yang muncul akibat adanya infeksi masa lampau. Artinya, jika kadar IgM anti CMV Anda negatif, berarti saat ini Anda tidak sedang menderita infeksi virus CMV. Dan, kadar IgG anti CMV yang positif, berarti Anda pernah mengalami infeksi virus tersebut di masa lalu, dan saat ini malah memberikan Anda proteksi terhadap virus CMV. 
Disarankan sobat untuk berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui penyebab sakit pinggang yang sobat rasakan dan konsultasi hasil lab saat ini. Tetap terapkan protokol kesehatan, keluar menggunakan masker, rutin cuci tangan, physical distancing.
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.