mwnstruasi muncul kembali

dok motanya, bulan kmren sy mens tgl 12, tpi sampai hari ini saya blm mens lg .. trus 2minggu lalu saya cek darah kolestrol, hasilnya tinggi.. total kolestrol 250, trus lemak jahat lebih banyak dripda lemak baik.
apakah it mempengaruhi haid ya dok?? sya blum mnikah dok.

1 Jawaban Dokter

Staff 21/09/2020
Public

Halo Sobat,
Berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebab menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur:

  1. Menopause: menjelang menopause, menstruasi bisa menjadi tidak lancar karena hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh menjadi tidak teratur.
  2. Kehamilan: jika sudah menikah atau pernah berhubungan seksual, cobalah melakukan pemeriksaan untuk memastikan kehamilan.
  3. Alat kontrasepsi, seperti IUD (spiral), KB suntik, atau pil KB, bisa menyebabkan perubahan hormon sehingga menyebabkan darah yang keluar lebih banyak dari biasanya atau nyeri perut pada saat menstruasi.
  4. Pola hidup sehari-hari, melakukan olahraga yang berlebihan atau berat badan turun drastis, sebaliknya berat badan yang berlebih atau obesitas, stres, kurang tidur/istirahat, pola makan yang tidak sehat, semua ini bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur.
  5. Sindrom ovarium polikistik (PCOS) yaitu kumpulan gejala yang disebabkan oleh terbentuknya kista-kista kecil di dalam indung telur. Keberadaan kista ini membuat hormon menjadi tidak seimbang.
  6. Masalah pada tiroid, kelenjar tiroid memproduksi hormon yang dapat mengatur metabolisme tubuh. Jika terdapat masalah pada tiroid, maka akan mempengaruhi pola menstruasi.
  7. dan penyebab lainnya

Pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi menstruasi yang tidak lancar harus disesuaikan dengan penyebabnya, oleh karena itu Sobat harus mengetahui dahulu penyebab tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Sobat lakukan.

  • Memperbaiki gaya hidup (istirahat cukup, makan makanan bergizi seimbang, minum air putih cukup, olahraga teratur yang sesuai dengan keadaan fisik)
  • Mengganti alat kontrasepsi yang sesuai
  • Melakukan konseling jika mengalami stres yang berlebihan
  • Melakukan pengobatan tiroid sesuai anjuran dokter
  • Melakukan pengobatan sindrom ovarium polikistik sesuai anjuran dokter
  • dan lainnya

Jika sudah melakukan beberapa cara di atas namun menstruasi masih tidak lancar, atau disertai gejala lain yang mengganggu, sebaiknya Sobat segera konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan (spOG) agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
Terima kasih telah menggunakan layanan TanyaDok.com, semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.