Mata selalu merah

mata saya selalu merah dok, jadi mata saya ini tidak putih bersih seperti orang2. agak kemerahan dan ada urat2 merah. kalau sedang dirumah merahnya tidak parah masih biasa2 saja. tetapi saat beraktivitas diluar ruangan terutama berpergian dengan motor, mata saya jadi semakin merah dok. terasa panas, kering dan ga nyaman. jadi lebih sensitif dengan cahaya terutama cahaya matahari. kalau saya pakai obat tetes mata, mata saya jadi membaik. merahnya hilang dan jadi lebih cerah. tapi besoknya pasti akan merah lagi. saya tau pemakaian obat tetes mata tidak boleh terlalu sering, makanya saya pakai jarang2. kira2 bagaimana solusinya ya dok untuk mengatasinya agar mata saya tidak merah lagi?

1 Jawaban Dokter

Staff 07/09/2020
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Mata merupakan organ pengelihatan yang sangat kecil dan amat halus. Peradangan mata merupakan penyakit yang paling umum. Hal yang dirasakan mata merah, mata berair, namun bisa kering, banyak sekret, terkadang silau akan cahaya. Peradangan pada mata dapat disebabkan oleh banyak hal. Keluhan peradangan mata yang disebabkan oleh bakteri biasanya berupa mata merah, sekret pada mata dan iritasi mata. Peradangan mata yang disebabkan oleh virus pada umumnya  dapat sembuh sendiri dan dapat berlangsung lebih lama daripada konjungtivitis bakteri. Keluhan yang timbul dapat berupa iritasi, sekret yang kental, nyeri, fotofobia ringan. Peradangan mata yang disebabkan oleh jamur pada umumnya jarang ditemukan, keluhan yang timbul adanya bercak putih dan dapat timbul pada pasien diabetes dan pasien dengan keadaan sistem imun yang terganggu. Sedangkan peradangan mata yang disebabkan karena alergi dapat terjadi dikarenakan alergi terhadap debu, serbuk tumbuh-tumbuhan, bulu hewan dan terkadang dapat disertai dengan rinitis.
Mata kering juga mempunyai gejala yang hampir sama dengan peradangan konjungtiva, hanya saja biasanya tidak ada sekret. Hal ini dapat terjadi karena mengidap sindrom sjogren, adanya gangguan di saluran air mata, kedipan mata yang berkurang, kekurangan vitamin A, menggunakan kontak lensa, terlalu sering menggunakan obat mata. Beberapa penelitian mata kering dapat terjadi dikarenakan terlalu lama melihat layar komputer atau smartphone. Oleh karena itu harus diketahui dahulu penyebab iritasi mata pada Sobat. Untuk sementara memakai kaca mata saat sedang jalan atau saat di motor agar tehindar dari paparan debu, perbanyak makan buah atau sayur-sayuran yang mengandung vitamin A(wortel, tomat,dll), hindari melihat monitor komputer maupun layar smartphone dalam jangka waktu yang lama, bila perlu 30 menit setelah melihat monitor, istirahatkan mata dengan melihat pemandangan jauh selama 15 menit. Jika keluhan semakin berlanjut kami sarankan untuk kontrol ke dokter spesialis mata untuk penanganan lebih lanjut (tentunya dengan membuat perjanjian hari dan jam praktek, memakai masker jika keluar rumah, terapkan physical distancing dan rajin cuci tangan).
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.