1 Jawaban Dokter

Staff 28/08/2020
Public

Halo Sobat, terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi online TanyaDok
Bayi sebaiknya mendapatkan ASI eksklusif tanpa tambahan apapun (termasuk tanpa susu formula dan air mineral) hingga bayi berusia 6 bulan. Namun terdapat beberapa faktor yang menyebabkan bayi terpaksa mendapat tambahan susu formula, namun hal tersebut harus berdasarkan rekomendasi dari dokter spesialis anak
Alergi susu sapi lebih sering terjadi pada anak yang mengonsumsi susu sapi secara dini, dimana sistem pencernaan dan imunitas belum matang.
Gejala yang muncul terkait alergi susu sapi dapat terjadi segera (dalam hitungan menit hingga 2 jam setelah paparan) atau reaksi lambat (48 jam hingga 1 atau 2 minggu setelah paparan).
Gejala pada sistem pencernaan yang sering terjadi diantaranya sulit menelan, muntah, nyeri perut, diare, sembelit, kolik, dan ruam di area sekitar anus. Gejala yang muncul pada kulit berupa ruam kulit, eksim,  bengkak pada mulut dan kelopak mata. Gejala pada sistem pernapasan berupa bersin, sesak, hidung berair, batuk kronis berulang dan nafas berbunyi (mengi). Apabila keluhan alergi susu sapi tidak diwaspadai dan terus berkelanjutan, dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup anak, seperti gangguan tidur, bahkan gangguan tumbuh kembang. Selain keluhan – keluhan tersebut, dapat pula terjadi reaksi alergi yang lebih serius berupa reaksi anafilaksis. Anafilaksis merupakan reaksi alergi berat dan mengancam nyawa dengan gejala yang disertai gangguan pernafasan dan jantung.
Pantau gejala yang muncul pada anak, penanganan pertama pada alergi susu sapi bergantung pada gejala apa yang sedang muncul. Untuk memastikan kondisi anak, alergi susu sapi atau bukan, saran saya bawa anak untuk diperiksakan kepada dokter spesialis anak secara langsung. Saran pemberian susu formula apa yang tepat untuk bayi Sobat juga dapat diberikan setelah pemeriksaan secara langsung dilakukan oleh dokter spesialis anak. Jangan lupa buat janji terlebih dahulu, pakai masker bagi orang tua, gunakan stroller dengan penutup/gendongan berpenutup bagi bayi (anak  dibawah 2 tahun tidak boleh memalaki masker). Semoga membantu

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.