aku merasa mengalami mental ilness

akhir2 ini tiap melakukan kegiatan yg biasanya aku lakukan dg semangat dan dlam keadaan senang jadi g terasa seperti itu lagi, aku merasa tidak memiliki rasa semangat, banyak fikiran negatif muncul belum lagi mendengar perkaatan orang2 sekitar yg menyakitkan hati bahkan orang tuaku jg. aku adalah orang yg ceria dan selalu menghibur teman2ku yg sdg sedih tapi akhir2 ini aku berpikir untuk apa aku melakukan semua itu jika teman2ku tidak melakukan hal yg sama padaku? waktu smp aku mengalami detak jantung yg tidak teratur atau deg2an parah tanpa alasan, lalu saat aku sma hal itu semakin sering terjadi bahkan tiap minggu aku selalu megalami itu, aku jadi mudah cemas dan jam tidurku semakin tidak teratur. aku juga sering tertawa padahal itu bukan hal yg lucu, kadang2 akujg tertawa diatas kesedihan dan peneritaanku sendiri. aku bingung sekali beberapa hari terakhir memikirkan hal2 yg sudah kusebutkan, apa aku mengalami kesehatan mental atau ini hanya pikiran negatif yg datang sesaat? tapi mengapa aku memikirkannya sepanjang waktu? tolong bantu aku, apa yg harus aku lakukan, hati dan fikiranku lelah meraskan ini

1 Jawaban Dokter

Staff 04/08/2020
Public

Selamat Siang.
Terimakasih telah menghubungi layanan tanyadok.
Perasaan yang anda alami adalah gangguan kecemasan.Gangguan kecemasan adalah rasa cemas atau khawatir yang berlebihan dan tak terkendali sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari penderitanya. Gejalanya berupa perasaan panik, khawatir dan gelisah, gangguan tidur, tangan dan kaki dingin serta berkeringat, napas pendek, jantung berdebar – debar, tidak bisa diam dan tenang. 
Para pakar menduga kondisi ini dapat terjadi akibat kombinasi dari sejumlah faktor, seperti ; trauma [ misalnya kekerasan dalam rumah tangga dan bullying]adanya aktivitas berlebihan dari bagian otak yang mengendalikan emosi dan tingkah laku, senyawa serotonin dan noradrenalin yang tidak seimbang dalam otak penderita, faktor keturunan, jenis kelamin, pernah menggunakan obat-obatan terlarang atau mengonsumsi minuman keras.

Berikut beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan di rumah untuk membantu meredakan gejala gangguan kecemasan yang sedang sobat alami:

  •  Tenangkan pikiran dengan melakukan meditasi atau beribadah.
  • Berendam dengan air hangat untuk merileksasikan otot-otot yang menegang.
  • Berolahraga selama kira-kira setengah jam bisa mengurangi kecemasan dan membuat Anda lebih tenang
  • Menggunakan minyak esensial untuk pijat atau aromaterapi penghantar tidur.
  • Melakukan hobi yang disukai atau bahkan mencoba hal-hal baru yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya.
  • Bercerita dengan orang-orang kepercayaan Anda, entah itu keluarga, pasangan, atau sahabat terdekat.
  • Jangan ragu untuk mencari dukungan ke dokter atau psikolog jika keluhan terus berlanjut dan perasaan cemas mengganggu aktivitas anda.
#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.