1 Jawaban Dokter

Halo, Sobat.
Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi online Tanyadok. Mohon sobat untuk lebih memperjelas pertanyaannya terkait belum pernah haid / menstruasi ini.
Tidak menstuasi / haid atau dalam bahasa medis dikenal dengan amenorea adalah keadaan atau kondisi dimana pada seorang wanita tidak mengalami menstruasi pada masa menstruasi sebagaimana mestinya. Ada 2 jenis klasifikasi amenorea, yaitu amenorea primer dan amenorea sekunder. Amenorea primer adalah kondisi pada seorang wanita yang belum pernah mengalami menstruasi, berusia 16 tahun atau lebih dengan tanda seks sekunder (+) atau usia 14 tahun bila tanda sekunder (-). Sedangkan amenorea sekunder adalah kondisi dimana seorang wanita pernah mengalami haid namun selama tiga siklus berikutnya atau 6 bulan tidak mengalami menstuasi kembali.
Banyak hal yang menyebabkan amenorea primer atau pun amenorea sekunder, diantaranya : gangguan pada hipotalamus, kelainan kromosom, obstruksi atau sumbatan pada vagina, penggunaan obat kontrasepsi, stress, perubahan berat badan drastis, gangguan pada indung telur, gangguan hormon, dll.  Amenorea dapat diobati dengan beberapa cara, tergantung pada apa yang menyebabkan amenorea tersebut terjadi. Sebaiknya sobat mengkonsultasikan hal ini ke dokter spesialis obgyn terdekat untuk mengetahui penyebab amenorea yang sobat alami, serta mendapatkan penananganannya.
Semoga membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.