Tidak dapat menghirup aroma

Sudah beberapa hari saya sakit batuk dan pilek. Biasanya saat saya sakit pilek itu masih bisa menghirup aroma/bau, tetapi sekarang tidak bisa sama sekali. Tadi saya mencoba menyemprotkan parfum yang banyak. Namun, tetap saja saya tidak bisa menghirup aromanya. Minta bantuannya supaya saya dapat menghirup aroma dan selera makan saya bisa kembali.

1 Jawaban Dokter

Staff 15/07/2020
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok.
Kehilangan kemampuan penciuman seseorang atau yang sering disebut anosmia memang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kebanyakan kasus anosmia bersifat sementara yang seringkali disebabkan oleh flu, dan akan hilang setelah flu sembuh. Akan tetapi pada beberapa kasus, anosmia dapat terjadi dalam jangka panjang, bahkan permanen. Pada lansia, anosmia biasanya berlangsung cukup lama. Anosmia yang terjadi dalam jangka waktu yang lama bisa jadi merupakan gejala penyakit yang serius, sehingga perlu diperiksakan lebih lanjut kepada dokter. Anosmia juga merupakan salah satu gejala lain dari COVID-19, dimana gejala utamanya yaitu batuk kering, demam (suhu >38 derajat celcius), dan sesak nafas.  Berikut beberapa penyebab timbulnya anosmia :

  • Sinusitis, rhinits, pilek, dan flu
  • Adanya kelainan tulang hidung, tumor, dan polip hidung
  • Adanya kerusakan pada saraf penciuman

Diagnosis penyebab anosmia sangat penting untuk dilakukan agar dapat diketahui penyebabnya, sehingga pengobatan yang nantinya diberikan dapat efektif. Pengobatan bergantung kepada penyebab terjadinya anosmia. Untuk sementara jaga kebersihan hidung, jangan mengorek hidung, makan makan bernutrisi. Jika keluhan semakin berlanjut kami sarankan untuk ke faskes terdekat agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut atau kontrol ke dokter spesialis THT atau spesialis paru untuk penanganan lebih lanjut (tentunya dengan membuat perjanjian hari dan jam praktek, memakai masker jika keluar rumah, terapkan physical distancing dan rajin cuci tangan).
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.