batuk kering yang tak sembuh sembuh, batuk ketika udara dingin, asap roko dan bau yang sangat menyengat lainnya

sering batuk kering yang tidak mengeluarkan dahak, rasa berat di dada tidak gatal di tenggorokan, kalo malam batuk parah banget dok kalo kena kipas dan udara dingin juga , asap rokok dan lainnya yang memicu batuk. sebelum batuk saya nggak panas, nggak flu dan nggak bersin” . awalnya batuk bulan mei awal sampai sekarang dok, sudah minum obat dan periksa ke klinik tapi hasilnya masih batuk juga,

1 Jawaban Dokter

Staff 08/07/2020
Public

Selamat pagi, terima kasih sudah menggunakan layanan online tanyadok. 
Batuk merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan benda asing maupun lendir dari saluran nafas bagian atas serta paru-paru. Batuk juga bisa diidentifikasikan reaksi tubuh terhadap iritasi pada saluran nafas. Jadi batuk bisa disimpulkan sebagai bentuk pertahanan tubuh untuk melindungi tubuh terhadap benda asing melalui pernafasan serta adanya penyakit dengan sistem pernafasan. Batuk tidak bisa diidentifikasikan sebagai penyakit namun lebih cenderung ke gejala. Batuk dibedakan menjadi 2 yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Batuk berdahak ditandai dengan adanya dahak atau lendir baik yang mudah atau bisa dikeluarkan atau dahak yang sulit dikeluarkan. Batuk kering ditandai dengan tidak adanya dahak atau lendir (kering). Batuk kering biasanya berlangsung lebih lama dibanding dengan batuk berdahak. Penyebab batuk kering antara lain berikut :

  • Penyakit virus, setelah pilek, batuk kering dapat berlangsung beberapa minggu lebih lama dari gejala lain dan sering memburuk di malam hari.
  • Bronkospasme, batuk kering yang terjadi terutama pada malam hari, mungkin merupaan akibat kejang pada saluran bronkial (bronkospasme) yang disebabkan oleh iritasi.
  • Alergi, sering bersin juga merupakan gejala umum dari rinitis alergi. Bersin pada rinitis alergi biasanya juga disertai dengan batuk kering.
  • Obat darah tinggi, ada obat darah tinggi yang dapat menimbulkan batuk yaitu obat golongan ACE inhibitor. Contohnya yang paling populer yaitu kaptopril, enalapril maleat, dan lisinopril.
  • Asma, batuk kering kronis dapat menjadi tanda asma ringan. Gejala lain mungkin menyertai termasuk mengi, sesak napas, atau perasaan sesak di dada. Paparan debu, asap, dan bahan kimia di lingkungan kerja. Penyumbatan jalan napas oleh suatu benda yang dihirup, seperti makanan atau pil.

Oleh karena itu harus diketahui dulu penyebab dari batuk yang dialami Sobat. Untuk sementara hindari faktor pencetus timbulnya batuk, olahraga teratur, dan makan makanan yang bergizi. Jika keluhan semakin berlanjut atau memberat kami sarankan untuk kontrol ke dokter spesialis paru untuk penanganan lebih lanjut (tentunya dengan membuat perjanjian hari dan jam praktek, memakai masker jika keluar rumah, terapkan physical distancing dan rajin cuci tangan).
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.