Ruam dan merah gatal

Halo.. siang.. mau nanya.. anak usia 34bulan.. hasil tes labotorium, alergi alpha lactabulmin, tapi cow milk negatif.. produk nutriciq apa yg cocok..? Terimakasi..

1 Jawaban Dokter

Staff 02/07/2020
Public

Halo Sobat, terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi online TanyaDok
Alergi susu sapi merupakan reaksi tubuh yang terjadi karena respon imun tubuh terhadap protein susu sapi. Kandungan protein susu sapi yang paling sering menimbulkan alergi adalah beta-laktaglobulin, kasein, alpha-lactalbumin. Alternatif susu formula yang dapat diberikan pada bayi dengan risiko alergi susu sapi, dengan riwayat alergi atau atopi pada ayah, ibu, atau saudara kandung adalah susu formula terhidrolisat parsial. Protein susu sapi pada susu formula terhidrolisat parsial telah dihidrolisis sebagian dengan menggunakan prosedur enzimatik sehingga partikel protein lebih kecil. Pada bayi yang sudah timbul gejala alergi susu sapi, dapat diberikan susu hidrolisat ekstensif, dimana protein susu dipecah menjadi partikel yang jauh lebih kecil lagi. Alternatif susu formula untuk penderita alergi susu sapi yang berat adalah pemberian susu formula berbasis asam amino, yaitu susu formula yang mengandung rantai asam amino bebas (komponen nitrogen yang paling sederhana). Susu soya dapat diberikan pada bayi usia diatas 6 bulan dengan riwayat alergi susu sapi. Namun, tidak dianjurkan untuk diberikan pada bayi usia dibawah 6 bulan karena bayi dibawah usia 6 bulan yang menderita alergi susu sapi seringkali masih rentan alergi terhadap protein susu soya. Durasi pemberian susu formula khusus ini bervariasi minimal 6 – 9 bulan. Namun, pada penderita alergi yang berat, dilanjutkan sampai usia 12 bulan –  18 bulan. 
Oleh karena putra/putri Sobat berusia 34 bulan, berdasarkan keterangan diatas dapat diberikan susu soya, namun saran saya sebaiknya Sobat berkonsultasi dahulu kepada dokter spesialis anak karena pemberian susu pada anak dengan alergi terutama yang spesifik seperti ini memerlukan penilaian lebih lanjut dan evaluasi yang terpantau oleh dokter spesialis anak. Untuk produk Nutricia, terutama yang mengandung protein soya, Sobat dapat menghubungi Whatsapp Careline Nutricia di 082120000100 atau Call Careline Nutricia 08001821059
Semoga membantu

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.